Film "Tjoet Nya' Dhien" tahun 1988 tayang lagi di bioskop

id Film cut nyak dien,Film Tjoet nya dhien,Christine hakim,berita sumsel, berita palembang, palembang hari ini

Film "Tjoet Nya' Dhien" tahun 1988  tayang lagi di bioskop

Aktris film Perempuan Tanah Jahanam, Christine Hakim berpose usai memenangkan kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2020 di Jakarta, Sabtu (5/12/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Film "Tjoet Nya' Dhien" yang dirilis tahun 1988 akan kembali hadir di sejumlah bioskop tanah air mulai 20 Mei 2021.

Dalam rilis resminya, Selasa, disebutkan bahwa penayangan ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dan rencananya akan dilanjutkan di berbagai kota lainnya seperti Surabaya, Semarang, Makasar dan Medan.

Christine Hakim sebagai pemeran utama film "Tjoet Nya' Dhien" telah mengkonfirmasi perihal penayangan tersebut pada Senin (3/5).

Menurut Christine, film yang diedarkan 33 tahun silam ini sudah mengalami restorasi menyeluruh di Belanda. Format pita celuloid sudah ditransformasi ke DCP, sehingga gambar lebih bersih dan detail warna semakin tajam.

Selain itu, durasi film yang sebelumnya 130 menit telah dipangkas menjadi 106 menit karena berbagai pertimbangan teknis.

Christine menyebutkan ada beberapa alasan mengapa film ini akhirnya ditayangkan kembali. Pertama, untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda yang belum pernah menyaksikan film ini.

"Khususnya kaum milenial," kata Christine.

"Tjoet Nya' Dhien" juga dinilai memiliki pesan yang masih relevan dengan kehidupan masa kini.

Selain itu, pemutaran kembali "Tjoet Nya' Dhien" juga sebagai bukti wujud nyata untuk memenuhi anjuran pemerintah agar masyarakat kembali menonton film di bioskop.

"Dan sebaiknya nontonnya film Indonesia," ujar peraih sembilan Piala Citra itu.

Kehadiran film "Tjoet Nya' Dhien" pun diharapkan bisa menjadi sebuah tontonan yang menghibur sekaligus tuntunan bagi masyarakat.

"Tjoet Nya' Dhien" disutradarai oleh Eros Djarot. Film ini menyabet delapan Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) 1988 yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Eros Djarot), Pemeran Wanita Terbaik (Christine Hakim), Skenario Terbaik (Eros Djarot), Cerita Asli Terbaik ( Eros Djarot), Tata Sinematografi Terbaik (George Kamarullah), Tata Artistik Terbaik (Benny Benhardi), dan Tata Musik Terbaik (Idris Sardi).

Tak hanya Christine Hakim, "Tjoet Nya' Dhien" juga dibintangi oleh Slamet Rahardjo, Piet Burnama, Rudy Wowor, Rosihan Anwar, Ibrahim Kadir dan lainnya.