Luhut: Beli Kreatif Danau Toba kolaborasi bangun pariwisata-ekraf

id Gernasbbi, beli kreatif danau toba, pameran beli kreatif danau toba, luhut binsar pandjaitan, bangga buatan indonesia,berita sumsel, berita palembang,

Luhut: Beli Kreatif Danau Toba kolaborasi  bangun pariwisata-ekraf

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir secara daring dalam peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba, Sabtu (20/2/2021). (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kampanye Beli Kreatif Danau Toba menjadi contoh kolaborasi kerja dalam membangun ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi tinggi kepada Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta jajarannya atas kerja keras dalam mewujudkan peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba. Ini adalah contoh kolaborasi kerja dalam membangun ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara bersamaan," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Hal itu disampaikan Luhut yang hadir secara daring dalam Peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba yang digelar serentak di tiga titik secara hybrid, yakni di Kabupaten Dairi, Toba dan Jakarta.

Kampanye tersebut digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai koordinator Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada Februari 2021 yang mengambil tema keindahan lanskap dan otentisitas karya ekonomi kreatif di Danau Toba.

Luhut sendiri mengaku senang melihat antusiasme anak nuda Toba yang ikut berpartisipasi dalam kampanye tersebut.

Pasalnya, kampanye tersebut memberikan kesempatan bagi delapan kabupaten di sekitar Danau Toba untuk memamerkan karya kerajinan tangan maupun olahan khas masing-masing daerah. Kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Dairi, Toba, Simalungun, Pakpak Barat, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo dan Samosir.

"Saya sangat senang melihat antusiasme anak-anak muda di Danau Toba yang sangat bersemangat dalam melestarikan budaya leluhur. Ini juga membuktikan bahwa untuk berhasil tidak melulu harus dari kota-kota besar. Kita bisa membangun dimulai dari tempat kelahiran kita sendiri," kata Luhut yang juga putera asli Toba.

Berbagai produk ekonomi kreatif mulai dari kriya, kuliner dan fesyen mengisi penuh stan-stan pameran. Selain itu, acara ini juga diramaikan oleh berbagai penampilan mulai dari fashion show pakaian karya desainer lokal Danau Toba, penampilan tari Tor-Tor, hingga kehadiran penyanyi kondang asal Sumatera Utara, Lyodra.

"Kita harap dalam enam bulan mendatang, produk-produk ekonomi kreatif di Danau Toba bisa berkembang. Untuk itu, kita akan melakukan pendampingan atau upscaling, pemasaran atau onboarding, dan tentunya akan mendukung program ini, kita akan terus berkampanye di seluruh platform," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir di Kabupaten Dairi.