Puncak fenomena gerhana matahari cincin di Jambi pukul 15.03 WIB

id gerhana matahri cincin,jambi,puncak,gerhana matahari,gerhana

Puncak fenomena gerhana matahari cincin di Jambi pukul 15.03 WIB

Kepala BMKG Jambi Ibnu Sulistyono saat melakukan pengamatan terhadap fenomena alam gerhana matahri cincin di Kantor BMKG Jambi, Minggu (2`1/6/2020). Puncak gerhana matahari cincin di Kota Jambi terjadi pada pukul 15.03 WIB. (FOTO ANTARA/HO-BMKG Jambi)

Jambi (ANTARA) - Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi puncak fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi di Kota Jambi, Provinsi Jambi terjadi pada pukul 15.03 WIB.

“Di Kota Jambi fenomena gerhana matahari cincin terjadi dari pukul 14.21 sampai dengan pukul 15.44 WIB dan puncaknya pukul 15.03 WIB,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Jambi Kurnia Ningsih di Jambi, Minggu.

Seluruh wilayah di Provinsi Jambi dapat melakukan pengamatan gerhana matahari cincin tersebut. dimana di daerah itu fenomena gerhana matahari cincin tersebut pertama kali terjadi di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Di daerah itu, gerhana matahari cincin mulai terjadi dari pukul 14.16 WIB dan terakhir terjadi fenomena gerhana matahari cincin di daerah itu yakni di Kota Sungai Penuh.

Sejak pukul 14.00 WIB BMKG Jambi melakukan pengamatan terhadap fenomena alam gerhana matahari cincin di kantor BMKG Jambi.

Kurnia Ningsih menjelaskan gerhana matahari cincin yakni fenomena dimana posisi bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus. Sehingga cahaya matahari terhalangi oleh bulan dan tidak semua cahaya sampai ke bumi.

“Karena ukuran bulan lebih kecil, sehingga terlihat seperti cincin,” katanya.

Sudah dua kali fenomena alam gerhana matahari dapat diamati di wilayah Provinsi Jambi.

Pada tanggal 6 Januari 2020, juga terjadi fenomena gerhana matahari di wilayah Jambi, sedangkan hari  Minggu (21/6) fenomena alam gerhana matahari cincin juga dapat diamati di wilayah Jambi.