TJSL Palembang lakukan gerakan moral lewat bersihkan objek wisata

id gerakan moral bersihkan lingkungan, forum csr, forum tjsl, forum tjsl palembang gelar gerakan moral bersihakn lingkungan,ikan gabus,berita sumsel, ber

TJSL Palembang lakukan gerakan  moral lewat bersihkan objek wisata

Ilustrasi - Polair Polda Jambi gotong royong bersihkan sampah Sungai Batanghari dalam upaya membantu pemerintah daerah menjadikan kawasan sungai itu menjadi ikon wisata di Jambi. (ANTARA/Nanang Mairiadi)

Palembang (ANTARA) - Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan gerakan moral untuk membangkitkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan melalui pembersihan objek wisata dari sampah.

Wakil Ketua Umum Forum TJSL Palembang, Herlan Aspiudin, di Palembang, Jumat, mengatakan gerakan tersebut dikemas dalam kegiatan "City Clean Up 2020" yang pada tahap awal direncanakan digelar di pelataran objek wisata Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) di Jalan Merdeka Palembang, Sabtu (18/1).

Dia menjelaskan kegiatan itu akan diikuti 500 anggota Forum TJSL (Corporate Social Responsibilty Kesejahteraan Sosial/CSR-Kesos) se-Sumatera Selatan.

Kegiatan itu diupayakan rutin digelar di Kota Palembang dengan sasaran objek wisata, pusat keramaian, dan sejumlah tempat lainnya.

"Dengan rutin digelar aksi bersih lingkungan itu, diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan objek wisata dan 'Bumi Sriwijaya' ini secara umum," katanya.

Pihaknya ingin menggugah warga Palembang agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar kota itu menjadi tempat hunian dan wisata yang menyenangkan, nyaman, dan sehat.

Pihaknya juga akan membagikan 1.000 bibit pohon untuk ditanam di sekitar tempat tinggal dan aktivitas anggota Forum TJSL, serta membagikan puluhan tempat pembuangan sampah.

"Saat ini Palembang sebagai kota tertua di Indonesia mulai dilirik menjadi kota tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara maupun domestik, namun permasalahan sampah belum bisa diatasi secara maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan upaya menjaga kebersihan bukan hanya tangung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama.

Jika warga kota itu tidak bisa berpartisipasi secara langsung melalui kegiatan membersihkan lingkungan, kata dia, mereka diminta tidak membuat lingkungan kotor.

Melalui gerakan moral dan gotong royong setiap akhir pekan yang telah digalakkan Wali Kota Palembang Harnojoyo sejak beberapa tahun terakhir, katanya, diharapkan masalah sampah bisa diatasi dengan baik.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar