Aplikasi LINE kenalkan fitur berbagi tagihan SPLITBILL

id line,splitbill,berbagi tagihan,hitung tagihan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Aplikasi LINE kenalkan fitur berbagi tagihan SPLITBILL

Fitur berbagi tagihan SPLITBILL di aplikasi berkirim pesan LINE. (ANTARA News/HO/LINE Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi berkirim pesan LINE menambah fitur berbagi tagihan SPLITBILL setelah survei internal mereka mengemukakan pengguna di Indonesia kerap mengalami kesulitan ketika berbagi tagihan dengan teman.

“LINE Indonesia selalu berupaya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi para pengguna agar dapat menggunakan aplikasi LINE secara lebih maksimal. Salah satunya melalui peluncuran fitur LINE SPLITBILL yang bisa membantu pengguna untuk menghitung dan membagi tagihan secara akurat dan mudah,” kata Managing Director LINE Indonesia Dale Kim melalui keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, dikutip Senin.

LINE pada Februari 2019 mengadakan survei yang diikuti 24.443 responden asal Indonesia, dengan demografi 35 persen perempuan dan 65 persen laki-laki usia 17-40 tahun ke atas. Survei tersebut menyoroti kebiasaan orang Indonesia saat sedang berkumpul dengan keluarga maupun teman.

Sebanyak 68 responden menyukai kebiasaan berbagi tagihan setelah makan bersama. Biasanya pembayaran ditanggung oleh satu orang kemudian yang lainnya mengirimkan uang kepada orang tersebut.

Namun, responden juga khawatir hasil perhitungan tagihan tidak akurat, misalnya tidak memasukkan pajak dan biaya lainnya.

LINE SPLITBILL menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR) untuk memindai struk tagihan. LINE mengklaim dapat secara otomatis menghitung tagihan dalam lima detik.

"Penanaman teknologi OCR di dalam fitur LINE SPLITBILL memungkinkan pengguna mendapatkan hasil hitungan yang berakurasi tinggi dengan proses penghitungan yang sangat mudah,” kata Strategy and New Business Director LINE Indonesia Fanny Verona dalam keterangan yang sama.

Cara menggunakan
Pengguna harus memasang aplikasi dan masuk ke akun LINE mereka untuk menghitung tagihan dengan fitur SPLITBILL. Ketuk menu LINE SPLITBILL di menu percakapan LINE. Setelah itu, pindai tagihan langsung dari kamera atau ambil gambar tagihan dari galeri foto ponsel.

Setelah memindai tagihan, pilih teman yang ada di LINE. Jika teman tidak menggunakan LINE, pengguna dapat memilih opsi tambah seorang teman tanpa LINE (add a friend without LINE).

Cocokkan tagihan sesuai dengan pesanan masing-masing orang. Setelah itu, cek akurasi nominal tagihan yang terdeteksi oleh LINE SPLITBILL.

Setelah selesai menghitung, bagikan tagihan tersebut. LINE mengklaim SPLITBILL secara otomatis menghitung pajak dan biaya layanan restoran.