Lampung gelar festival kopi jenis robusta dengan mutu terbaik

id festival kopi lampung, pemprov lampung, kopi robusta lampung

Lampung gelar festival kopi jenis robusta dengan mutu terbaik

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memanen kopi di Lampung Barat. (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung akan menggelar Festival Kopi Lampung ( Lampung Coffee Festival) dengan menampilkan kopi robusta dengan mutu dan grade terbaik.

"Festival yang akan digelar pada September mendatang itu dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual kopi Lampung," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Lampung, Taufik Hidayat, di Bandarlampung, Jumat.

Ia juga berharap dalam rangkaian Lampung Coffee Festival akan diselenggarakan seminar ilmiah yang akan memutus mitos – mitos yang tidak benar mengenai bahaya konsumsi kopi.

Pihaknya akan mendatangkan pakar – pakar kesehatan dan kopi yang akan mengedukasi konsumen tentang manfaat kopi.

Dengan demikian, lanjutnya, dapat meningkatkan konsumsi kopi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

Kabid Industri Argo Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Maryani menyampaikan rangkaian Lampung Coffee Festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran kopi, lomba barista, cup test, latte art, uji cita rasa kopi, lomba cerdas cermat petani kopi, seminar kopi, pemilihan duta kopi dan minum kopi serentak bersama.

"Kegiatan itu untuk mengakomodir pelaku industri kecil menengah (IKM), karena setelah pelaksanaan International Coffee Day tahun lalu memacu tumbuhnya berbagai kafe dan kedai kopi di Lampung," ujarnya.

Maryani juga menyampaikan dengan meningkatnya konsumsi kopi maka akan memberikan efek ganda bagi petani kopi Lampung.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung Kusnardi menambahkan gelaran Festival Kopi akan meningkatkan konsumsi kopi, mengedukasi konsumen akan kelebihan dan keunggulan kopi robusta Lampung.

"Kami akan memperkenalkan kopi Lampung yang beragam seperti kopi asal Liwa dan Ulu belu yang memiliki cita rasa khas dan tidak kalah dengan kopi – kopi di daerah lain yang lebih terkenal bahkan kopi – kopi dari negara lain," ujarnya.

Ia juga menyampaikan gelaran ini diharapkan mampu memperkenalkan identitas kopi Lampung terhadap pembeli internasional dan lokal.

Selain itu dapat meningkatkan kapasitas petani melalui pelatihan, dengan demikian kesejahteraan petani dapat di tingkatkan melalui peningkatan produksi dan juga penataan alur perdagangan kopi.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar