Lomba memasak sate khas Pariaman di festival Gandoriah

id Anwar,sate pariaman,padang,sumbar

Lomba memasak sate khas Pariaman di festival Gandoriah

Ilustrasi - Sate padang (Ist)

Pariaman, (ANTARA) - Lomba memasak sate pariaman masuk dalam agenda Festival Pesona Gandoriah yang akan digelar Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, dari 29 Juni hingga 3 Juli 2019.

"Peserta lomba merupakan pedagang sate, warga Pariaman, serta utusan dari desa atau kelurahan di kota setempat," kata Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan diangkatnya lomba memasak sate karena daerah itu memiliki sate yang mempunyai ciri khas yang berbeda dengan sate asal daerah lain.

Bahkan, lanjutnya, sate khas Pariaman sudah banyak dijual di kabupaten dan kota di Sumbar sehingga dikenal oleh masyarakat luas yang sering disebut dengan "sate ajo".

Untuk itu, lanjutnya, guna memeriahkan Festival Pesona Gandoriah, pihaknya memasukkan lomba memasak sate ke dalam agenda tahunan tersebut.

"Kami menyediakan uang ganti rugi bagi peserta, dan sejauh ini sudah banyak pedagang serta warga yang mendaftar untuk mengikuti lomba ini," ujarnya.

Ia menyampaikan pelaksanaan lomba tersebut juga untuk mempromosikan kepada masyarakat luas bahwa sate asal daerah itu aman dikonsumsi.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman menjadwalkan melaksanakan Festival Pesona Gandoriah 2019 pada 29 Juni hingga 3 Juli dengan melaksanakan delapan lomba guna menarik wisatawan ke daerah itu.

"Festival ini merupakan yang kelima kalinya dilaksanakan semenjak 2015," katanya.

Ia mengatakan dalam festival pada tahun 2019 ini diselenggarakan delapan lomba yaitu festival kuliner sate Pariaman, lomba selaju sampan, randai, foto objek wisata, beruk memanjat kelapa, kreativitas anak, Gandoriah Fiesta dan lagu minang.

Ia menyampaikan festival tersebut dilaksanakan di Pantai Gandoriah dengan total hadiah yang disediakan untuk delapan lomba itu yaitu mencapai Rp100 juta rupiah.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar