Punti Kayu masih jadi primadona liburan akhir tahun

id Punti kayu,Taman,Wisata hutan,Hutan wisata

Punti Kayu masih jadi primadona liburan akhir tahun

Pengunjung TWA Punti Kayu Palembang, Senin (24/12). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/EM/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang masih menjadi primadona alternatif wisata pada liburan akhir tahun dengan terus meningkatnya jumlah pengunjung. 

"Sejak awal liburan sekolah sudah langsung ramai kedatangan pengunjung, apalagi memasuki libur Natal dan tahun baru, pengunjung di sini semakin banyak," kata Humas pengelola TWA punti Kayu Antony, Senin. 

Menurutnya saat ini  kunjungan di TWA Punti Kayu sudah mencapai rata-rata 400 - 500 orang perhari, angka tersebut diperkirakan meningkat hingga 700 orang perhari mulai anggal 26 Desember sampai jelang libur sekolah berakhir. 

Dia menerangkan pengunjung Taman Wisata Alam berkonsep hutan pinus tersebut masih di dominasi wisatawan dari luar Kota Palembang dan Sumsel, biasanya para pengunjung datang bersama keluarga menggunakan kendaraan pribadi memanfaatkan suasana hutan untuk berpiknik. 

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana di dalam taman seluas 50 hektar tersebut, seperti wahana replika, jembatan gantung, rumah Hobbit, perahu bebek dan naga, sampai olahraga uji adrenalin flying fox. 

"Yang paling favorit  wahana replika, karena banyak pilihan berswafoto macam - macam ikon bangunan terkenal dunia, paling disukai kalangan remaja, kemudian wahana perahu bebek dan naga, biasanya anak-anak paling senang naik itu," ujar Antony. 

Meskipun ramai kunjungan, pengelola TWA Punti Kayu tetap memberlakukan harga tiket masuk dan jam operasional sama seperti hari-hari biasa, yakni pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB. 

"Hari senin - Jumat untuk Dewasa Rp 10.000, anak - anak Rp 5.000, kalau Sabtu - Minggu dan tanggal merah Dewasa Rp 12.500, anak - anak Rp 5.000, kalau masuk ke wahana bayar lagi Rp 10.000," Jelas Antony. 

Apalagi kata Antony, keberadaan LRT yang melintas tepat di depan Punti Kayu sudah amat membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke Punti Kayu, di tambah kemudahan sarana transportasi yang ada. 

TWA Punti Kayu merupakan hutan pinus di tengah Kota Palembang berada di Jalan Kol H. Burlian KM 6,5, bisa di tempuh dari pusat kota dengan Transmusi (rute Ampera - AAL), taksi, angkutan daring, dan LRT (berhenti di stasiun Punti Kayu).

Pihaknya berharap TWA Punti Kayu tetap menjadi pilihan utama masyarakat berwisata di Kota Palembang, meskipun sudah banyak destinasi wisata lain berkonsep alam bebas di kota pempek tersebut. 

Sementara salah satu pengunjung dari Jambi Maulana mengatakan sudah ketiga kalinya ia dan keluarga berkunjung ke TWA Punti Kayu karena merasa slelau tertarik dengan hutan pinusnya. 

"Saya sama keluarga sengaja mampir sambil piknik di sini, karena enak suasananya, ada hutan pinus dan berbagai wahana bermain, ya seneng aja kalau ke sini, apalagi hutan pinus kan tidak banyak di Indonesia," ungkap Maulana. 

Dia menambahkan TWA Punti Kayu selalu mengalami perbaikan tiap tahun diharapkan semakin membuat pengunjung merasa nyaman, terutama segi kebersihan dan keamanan.