Asian Games bawa berkah penjual kaos musiman

id suvenir asian games,asiang games 2018,subang,umkm,bisnis,kaos

Asian Games bawa berkah penjual kaos musiman

Pengusaha kaos musiman Ica (dua dari kiri) berfoto bersama pembeli asing yang membeli kaos edisi Asian Games 2018 yang dia jual di Subang, Jawa Barat, Kamis (23/8). (ANTARA News/Aditya E.S. Wicaksono)

Subang (ANTARA News Sumsel) - Perhelatan Asian Games 2018 membawa berkah tersendiri bagi Ica, warga Bandung, yang memanfaatkan ajang olahraga empat tahunan se-Asia itu untuk meraup rezeki dengan berjualan kaos edisi khusus Asian Games 2018.

Ketika ditemui di Jalan Cagak, Subang, tempat finis balap sepeda jalan raya Asian Games 2018, Ica tengah sibuk melayani para pembeli yang berkerumun di belakang mobil Grand Livina hitamnya.

"Asian Games kali ini ada di Indonesia maka kami ingin memanfaatkan momen ini sebagai ajang yang jarang banget. Selain itu ada peluang bisnis juga," kata Ica.

Ica bersama suaminya sudah jauh hari mempersiapkan desain dan barang dagangannya yang berupa kaos, jersey sepeda, hingga jaket, sejak kurang lebih dua bulan sebelum Asian Games 2018 resmi dibuka.

Kurang lebih 1.500 unit kaos dan jaket Ica persiapkan untuk dijajakan selama Asian Game 2018 mulai dari pawai obor di Bandung, Tasik, Garut, hingga perlombaan balap sepeda di Subang, Jawa Barat.

"Alhamdulillah sekarang tinggal 150," kata Ica, yang juga menjalankan usaha toko baju muslim di Bandung itu.

Kaos dengan logo Asian Games 2018 dia tawarkan dari harga Rp50.000-Rp170.000

Sementara jaket berbahan parasit dengan logo Asian Games dia tawarkan dengan harga Rp300.000.

Tidak hanya warga lokal, pembeli kaos edisi khusus ini diminati juga oleh pembeli berkewarganegaraan asing seperti Oka dari Jepang.

"Kaos ini untuk saya. Nanti saya mau membeli untuk teman yang lain, untuk oleh-oleh," kata Oka dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Jepang.

Oka, yang sudah tinggal di Indonesia selama dua tahun delapan bulan, adalah seorang karyawan perusahaan di Jakarta.

Oka datang ke Subang untuk mendukung pebalap Jepang Hideto Nakane, yang disponsori oleh perusahaan tempat dia bekerja di Jakarta.

Selain Oka, sejumlah atlet asing dan lokal, serta ofisial pernah juga memborong kaos dan jaket yang Ica tawarkan.

"Seperti dari Thailand, dan Filipina. Yang nawar juga ada, saya mengerti sih gayanya pakai kalkulator saja, terus bilang one, zero, zero," ungkap Ica.

Kemudian atlet downhill Indonesia Nining Purwaningsih, yang meraih medali perunggu di nomor MTB disiplin downhill Asian Games juga kepincut dengan kaos yang Ica tawarkan.

Setelah Subang selesai menggelar balap sepeda Asian Games 2018, Ica berencana meneruskan perjalanannya menjajakan kaos edisi Asian Games 2018 ke sekitar Velodrome di Rawamangun, Jakarta, tempat digelarnya cabang balap sepeda sirkuit Asian Games.