FIF targetkan penyaluran pembiayaan Rp6 miliar

id fif,spektra,kredit elektronik,elektronik,pembiayaan,penyaluran pembiayaan,fif group,kredit barang,perusahaan pembiayaan

FIF targetkan penyaluran pembiayaan Rp6 miliar

Pengguna kartu prabayar melalui telepon pintar (smartphone) (ANTARA FOTO/Widodo M Jusuf)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Perusahan pembiayaan FIF melalui layanan kredit elektronik, mebel dan alat kantor "Spekra" menargetkan dapat menyalurkan dana senilai Rp6 miliar dalam kegiatan Gebyar Spektra di Palembang, 5-8 April 2018.

Manager Marketing FIF Group Sumatera Selatan M Adhi W di Palembang, Kamis, mengatakan, target ini meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu karena perusahaan melihat adanya animo yang tinggi untuk kepemilikan smartphone.

"Tahun lalu kami cukup sukses dengan berhasil menyalurkan Rp3,1 miliar dengan 1.079 kontrak pembiayaan. Tahun ini kami berani naikkan 50 persen," kata dia.

Sektor pembiayaan di tengah pelemahan ekonomi saat ini justru terdongkrak pertumbuhannya sejak tahun lalu karena maraknya penggunaan telepon seluler pintar (gawai).

Industri pembiayaan elektronik ini pada tahun ini terdongkrak karena sejumlah merek ternama seperti Samsung, Vivo dan Iphone mengeluarkan produk baru.

Menurut Adhi, pembiayaan gawai ini mendominasi hingga 50 persen dari keseluruhan pembiayaan perusahaannya sementara ini.

"Kebutuhan akan gadget sudah seperti layaknya memiliki kendaraan. Sehingga tak heran jika rata-rata konsumen mau membeli secara kredit telepon seluler di kisaran 3 juta-4 juta rupiah," kata Adhi.

Selebihnya, selain telepon seluruh terdapat produk rumah tangga lain yang masih mendominasi seperti mesin cuci, televisi, kulkas, dan pendingin ruangan.

"Meski tanpa agunan, tapi kredit telepon seluler ini relatif baik karena NPL tidak menyentuh 5,0 persen," kata dia.

Pelemahan ekonomi dalam negeri sebagai dampak krisis ekonomi global tak ayal memaksa perusahaan pembiayaan untuk berinovasi agar pertumbuhan tidak terus tergerus.

Spekta, sektor pembiayaan Astra ini, menawarkan kemudahan bagi konsumen melalui ajang Gebyar di Palembang Trade Center Mal ini yakni hanya memberikan biaya administrasi Rp99.000.

Selain itu, jika konsumen ingin mengajukan permohonan pembiayaan secara daring atau online, menurut Adhi hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi layanan FIF yang bisa diunduh melalui Google Playstore.

"Saat ini kami memiliki konsumen dengan akun aktif mencapai 70 ribu dengan 83 persen berkategori baik. Mereka ini jika ingin mengajukan kredit, cukup secara online saja," kata dia.