KPU monitor penyusunan daftar pemilih pilkada 2018

id kpu,komisioner kpu,pilkada,daftar pemilih,pemilih,pumutakhiran data,pencocokan data pemilih, coklit

KPU monitor penyusunan daftar pemilih pilkada 2018

Komisioner KPU Sumsel Heny Susantih (ANTARA News Sumsel/Susilawati/Ang/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan memonitor penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran pencocokan dan penelitian ke beberapa daerah di provinsi tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Heny Susantih saat dihubungi di Palembang, Kamis mengatakan, pihaknya kini sedang memonitor penyusunan daftar pemilih hasil pencocokan dan penelitian ke daerah-daerah.

"Kalau saya ke Kabupaten Musi Banyuasin untuk menghadiri bimbingan teknis sistem informasi data pemilih (Sidalih) dan dilanjutkan dengan memonitor penyusunan daftar pemilih hasil pencocokan dan penelitian," ujarnya.

Ia menyatakan, sekarang ini petugas Pantia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran pencocokan dan penelitian.

Untuk penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran pencocokan dan penelitian ini dilakukan secara berjenjang sebelum nantinya ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara.

Ia menjelaskan, untuk rekap di tingkat kelurahan atau desa itu dijadwalkan pada 5-7 Maret 2018, kemudian di tingkat Kecamatan pada 8-9 Maret 2018.

Selanjutnya untuk rekap ditingkat kabupaten dan kota akan dilaksanakan 10-16 Maret dan di tingkat provinsi dijadwalkan 16-17 Maret 2018. Sedangkan untuk daftar pemilih sementara dilaksanakan 20-21 Maret 2018 dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) sekitar April 2018, katanya.

"Komisioner KPU Sumsel mulai hari ini (Kamis, 28/2) melakukan monitoring dan supervisi penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran ke beberapa daerah hingga 5 Maret mendatang," kata Komisioner KPU Sumatera Selatan, Ahmad Naafi menambahkan.

Pilkada serentak 2018 diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.