Komunitas berencana membuat kamus bahasa asli Palembang

id bahasa palembang,palembang,berita palembang,kamus bahasa palembang,Rembuk Adat Palembang

Komunitas berencana membuat kamus bahasa asli Palembang

Arsip- Siswi SD saat membawakan dongeng menggunakan bahasa Palembang. (ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARANews Sumsel) - Komunitas Rembuk Guguk Palembang berencana membuat kamus bahasa asli Palembang bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Pembina Rembuk Guguk Palembang Kgs Ali Mudin Halim di Palembang, Rabu, mengatakan, setelah menjadi kamus maka konten Bahasa Palembang ini bisa masuk dalam pelajaran muatan lokal di sekolah seperti halnya daerah-daerah lain.

"Saat ini kami sedang membentuk tim untuk membuat kamus bahasa asli Palembang. Nantinya akan kami buat seperti kamus Bahasa Inggris yang tersusun secara alfabet. Kami targetkan tiga bulan untuk penyusunannya," kata dia.

Sementara mengenai dimasukkannya bahasa Palembang dalam pelajaran muatan lokal di sekolah, tim masih berkonsolidasi dengan Pemerintah Kota Palembang dan pihak terkait lainnya.

"Kami harapkan setelah rampungnya kamus bahasa Palembang ini, dapat diaplikasikan pada pelajaran muatan lokal di sekolah," ujar dia.

Senada, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan sangat mengapresiasi apa yang direncanakan oleh Rembuk Adat Palembang ini.

Ke depan pemkot menginginkan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang mengenalkan lokal kearifan lokal.

"Kami inginnya budaya daerah terus lestari dan jangan sampai generasi berikutnya tidak tahu bahkan tidak bisa lagi menenun dan membuat makanan khas Palembang yang lainnya," kata dia.
(T.D019/B015)