Presiden: Pemerintah terus perangi "hoax"

id presiden, jokowi, medsos, media sosial, hasutan, fitnah, berita bohong, ujaran kebencian, hoax, budaya baru, kesantunan, kesopanan

Presiden: Pemerintah terus perangi "hoax"

Ilustrasi - Anti Hoax (ANTARA NEWS/Hendri Musa/17)

Bogor (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah terus memerangi "hoax" (kabar bohong) yang tersebar di media sosial.

"Saya kira sudah lama kita bertarung dengan yang namanya kabar bohong, yang namanya hoax itu, saya kira kita sudah bertarung lama lah dan ini terus-menerus," kata Presiden usai mengikuti kejuaraan panahan Bogor Terbuka 2017 di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Presiden juga menegaskan bahwa di mana-mana dirinya selalu menyampaikan bahwa seluruh masyarakat harus memulai membangun budaya baru, terutama kesantunan dan kesopanan dalam berujar di media sosial.

"Membangun nilai-nilai kesopanan, nilai kesantunan dalam berucap dalam menyampaikan ujaran-ujaran di medsos, jangan menghasut, jangan memfitnah, menyebarkan kabar bohong, jangan menyebarkan ujaran kebencian. Selalau saya sampaikan di mana-mana," katanya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa dalam keterbukaan pada saat ini, "hoax"  telah terjadi di banyak negara sehingga dirinya tidak akan mengeluh untuk menghadapinya.

"Saya kira kita berhadapan dengan masalah keterbukaan ini ya seperti itu. Ya kita hadapi karena semua negara juga menghadapi. Nggak perlu banyak keluhan ya," katanya.