Serunya belanja barang bekas di Garage Sale

id pedagang, pedagang barang bekas diminati

Serunya belanja barang bekas di Garage Sale

Para pedagang barang bekas di Kambang Iwak Palembang, setiap hari Minggu ternyata banyak peminat (FOTO Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Setiap minggu di Kambang Iwak Garage Sale digelar di samping urban picnic. urban picnic sendiri merupakan acara masak memasak yang mengajak pengunjung untuk masak dan mencicipi makanan....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Siapa bilang membeli barang baru cukup memuaskan konsumen, ternyata membeli barang bekas layak pakai pun juga menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Itulah salah satu yang mendorong sejumlah remaja berbelanja di Garage Sale, sebuah ide menggelar barang bekas masih layak pakai untuk dijual kembali dengan harga sangat bersahabat tentunya.

Minggu Malam di sebuah cafe di Jalan Raden Fatah Kambang Iwak Kecik  dagang barang bekas layak pakai pun digelar sekumpulan pemudi.

Daniella Puri  sebagai penanggung jawab gelaran dagangan malam itu menjelaskan, gelaran dagangan yang mereka sebut sebagai garage sale awalnya digagas oleh kolektif perempuan, komunitas diskusi membahas isu  feminis di Kota Palembang.
 
"Kita berprinsip bahwa barang lama tak terpakai dan masih bagus masih bisa dipakai ulang bagi orang lain," tukas dia.

Prinsip jual beli barang bekas ini pun dianggap cukup menguntungkan. Awalnya pemilik barang menyerahkan pada pengurus garage sale.  Kemudian pemilik menentukan harga  dan tiga puluh persen dari harga  diserahkan ke pengurus untuk didonasikan bagi "info house"  sebuah komunitas impian dikembangkan dari klab klab yang ada.

"Info house itu isinya ada fotografi, menulis, taman bacaan dan banyak lagi", papar rinah. Salah satu hasil dari komunitas itu adalah ruang diskusi food not bombs, dan urban picnic.

Setiap minggu di Kambang Iwak Garage Sale digelar di samping urban picnic. urban picnic sendiri merupakan acara masak memasak yang mengajak pengunjung untuk masak dan mencicipi makanan yang dimasak.

Peminat garage sale juga cukup banyak, baik yang menitipkan barang maupun membeli. Harga miring tentunya jadi dorongan orang utuk berbelanja di garage sale. "terkadang ada barang impor dengan kondisi cukup bagus dan harga sangat luar biasa murah," kata dia.

Barang yang ditawarkan pun aneka ragam seperti pakaian, celana, kaos, buku, sepatu, tas, dan macam lainnya yang tentunya masih bisa digunakan. Kesemuanya dijual dari kisaran hara Rp 5.000 hingga puluhan ribu.

Ia dan rekan pengurus lainnya berencana untuk rutin menjalankan Garage sale. Namun saat ini masih vakum karena kesibukan. "Animo ada dan ke depan optimistis akan lebih besar lagi," ujarnya.(Feny)