Ratusan napi dapat remisi Idul Fitri

id narapidana, napi dapat remisi

Ratusan napi dapat remisi Idul Fitri

Ilustrasi - Narapidana dapat remisi lebaran (ANTARA FOTO)

Lubuklinggau, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan Fernando Kloer mengatakan bahwa ratusan narapidana di LP Kelas II-A akan mendapat remisi Idul Fitri 1434 Hijriah dan remisi umum HUT Kemerdekaan 2013.

Berdasarkan data narapidana (napi) yang akan mendapat remisi itu terdiri atas 736 orang remisi khusus dan 730 orang mendapat remisi umum, kata Fernando Kloer di Lubuklinggau, Kamis.

Ia mengatakan bahwa awalnya ada 495 orang narapidana yang diusulkan mendapar remisi Idul Fitri, sedangkan remisi HUT Kemerdekaan RI 2013 tercatat 486 orang.

Dari jumlah semua itu akan disetujui antara 730 hingga 736 orang narapidana, sedangkan warga binaan di lapas Lubuklinggau seluruhnya 745 orang terdiri atas 741 muslim dan sisanya nonmuslim.

"Kemungkinan nantinya ada ratusan napi yang mendapatkan dua kali remisi, yakni Idul Fitri dan HUT kemerdekaan. Namun pada remisi Idul Fitri ada 10 orang yang bebas murni," katanya.

Para narapidana yang mendapatkan remisi itu seluruhnya berperilaku baik, salah satu syaratnya yakni telah menjalani enam bulan pidana.

"Remisi itu nantinya akan diberikan kepada sejumlah narapidana segala kasus kriminalitas yang dilakukannya sebelumnya," katanya.

Bagi narapidana yang akan menerima remisi itu sudah diajukan ke Kanwil Kemenkum HAM Sumsel di Palembang, namun sebelumnya telah disetujui pihak Lapas akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) mengenai siapa saja yang mendapatkan remisi tersebut.

Ia menambahkan, pada Hari Anak Nasional (Han) beberapa hari lalu ada sepuluhan narapidana anak mendapatkan remisi mereka rata-rata di bawah umur, ujarnya.