Pemkab Muara Enim rerima penghargaan Adinkes

id Sumsel, adinkes, pj bupati muara enim

Pemkab Muara Enim rerima penghargaan Adinkes

Pj Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi pada acara Pertemuan Nasional Adinkes seluruh Indonesia di Kota Palembang Sumatera Selatan. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Pj Bupati Muara Enim, H Henky Putrawan menerima Piagam Penghargaan Penanggulangan AIDS, Tuberculosis dan Malaria serta kawasan tanpa asap rokok dari Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj Bupati dari Pj Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi pada acara Pertemuan Nasional Adinkes seluruh Indonesia di Kota Palembang Sumatera Selatan.

Penghargaan itu berkat komitmen dukungan dan keseriusan Pemkab Muara Enim dalam penanggulangan penyakit AIDS, Tuberculosis dan Malaria (ATM) yang telah mencapai target pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam menanggulangi penyakit ATM serta penerapan Peraturan Daerah (Perda) No 04 tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR).

Pada kegiatan yang turut dihadiri Ketua Umum Adinkes dr H Mohamad Subuh, Pj Bupati yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan  Eni Zatila menyampaikan ucapan terima kasih atas capaian penghargaan yang diraih ini semua berkat kontribusi dan sinergitas bersama khusunya peran serta Baznas Muara Enim dan perusahaan dalam keikutsertaannya membantu penanganan penyakit AIDS, Tuberculosis dan Malaria serta Kawasan Tanpa Asap Rokok ini.

Ia menjelaskan Pemkab Muara Enim telah melaksanakan program Bedah Rumah bagi penderita TBC yang ada di Desa Alai Selatan, Kecamatan Lembak serta penerapan Kawasan Tanpa Asap Rokok dengan inovasi D’Star (Desa Bebas Tanpa Asap Rokok) pada Desa Swarna Dwipa, Kecamatan Semende Darat Tengah.
.
Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI sekaligus Ketua Umum Adinkes menyampaikan ucapan selamat, serta apresiasi atas penghargaan yang di terima Kabupaten Muara Enim .

Ia mengatakan selain bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah dalam menanggulangi penyakit menular AIDS, Tuberculosis dan Malaria, Pertemuan Nasional yang diadakan di Kota Palembang adalah untuk memperkuat transformasi layanan kesehatan sehingga dapat mencapai target pembangunan kesehatan bersama.