BPBD OKU siagakan enam mobil tanki untuk padampan api karhutla

id sumsel,bpbd, karhutla,oku

BPBD OKU  siagakan enam mobil tanki untuk padampan api karhutla

Jajaran Pemkab OKU cek kelengkapan penanggulangan karhutla, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak enam unit mobil tangki air untuk memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah itu.

Kepala BPBD OKU Januar Efendi di Baturaja, Kamis, mengatakan bahwa menghadapi musim kemarau tahun ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan penanggulangan karhutla sedini mungkin, dan menetapkan status siaga.

"Mobil tangki suplai air untuk pemadam api ini masing-masing satu unit milik BPBD OKU, Damkar, PT Semen Baturaja, PLTU, Dinas Perkim dan PUPR Kabupaten OKU," katanya.

Selain itu, berbagai peralatan lainnya pun juga disiapkan seperti mesin pompa air, selang, mesin chainsaw, baju anti api, oksigen, masker doubel anti polusi hingga portbale wather tank.

Dalam penetapan status siaga itu juga pihaknya mengaktifkan kembali posko penanggulangan karhutla di setiap kecamatan lengkap dengan petugas yang berjaga 1x24 jam secara bergantian.

"Kami juga meminta bantuan seluruh instansi terkait baik BUMN dan BUMD untuk berpartisipasi dalam pencegahan dan penanganan karhutlah di wilayah Kabupaten OKU," katanya menegaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Januar kembali mengingatkan masyarakat agar tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat, terutama di lahan kering yang mudah terbakar karena dapat memicu titik api.

"Masyarakat juga kami imbau tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar untuk mengantisipasi bencana kabut asap," ujarnya.