286 haji Ogan Komering Ulu Sumsel disambut suka cita

id Jamaah haji, Tanah Suci Makkah, Tanah Air, ibadah haji, Pemkab OKU

286 haji Ogan Komering Ulu Sumsel disambut suka cita

Kedatangan jamaah haji OKU di tanah air. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 286 haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan tiba di daerah asal dengan selamat menggunakan sembilan unit bus yang disiapkan pemerintah daerah setempat.

Kedatangan ratusan haji di Masjid Agung Islamic Center Baturaja, Kabupaten OKU, pada Senin, sekitar pukul 12.00 WIB itu disambut suka cita oleh keluarga jamaah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab OKU, Darmawan Irianto, mengatakan bahwa serangkaian persiapan telah dilakukan pihaknya guna menyambut kedatangan jamaah setelah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Salah satu persiapan yang dilakukan Pemkab OKU yaitu menyediakan sebanyak sembilan unit bus guna membawa ratusan jamaah haji kembali ke daerah asal dengan dikawal anggota Satuan Lalulintas Polres OKU.

"Selamat datang kembali untuk para jamaah di Kabupaten OKU setelah menyempurnakan ibadah haji di Tanah Suci," ujarnya.

Sekda berharap ibadah haji yang dijalankan oleh para jamaah diterima oleh Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur serta mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di sekitar.

"Semoga para jamaah semua menjadi haji yang mabrur dan dapat menjaga kemabrurannya, iman dan taqwa semakin meningkat serta bisa membimbing masyarakat menjadi lebih baik lagi," harapnya.

Sementara itu Pendamping Ibadah Haji Daerah Saiful dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah haji OKU yang menunaikan ibadah haji sebanyak 287 orang, namun yang kembali ke tanah air hanya 286 orang.

"Ada satu orang haji yang meninggal dunia di Makkah. Almarhum adalah Zainal Arifin (56), warga Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur yang wafat pada Sabtu (6/7) atau sehari sebelum waktu kepulangan ke tanah aAir," ujarnya.