Tradisi makanan hingga bazar ramaikan Ramadan di berbagai negara

id Ramadan, puasa, makanan ramadan, tradisi ramadan,kuliner ramadan

Tradisi makanan hingga bazar ramaikan Ramadan di berbagai negara

Lugaimat, kudapan manis yang merupakan hidangan penutup favorit saat Ramadan di Arab Saudi. (Shutterstock/Mumtaz Photography)

Jakarta (ANTARA) -
Semarak bulan Ramadhan tidak hanya ada di Indonesia namun juga diberbagai belahan dunia lainnya. Beragam tradisi masyarakat setempat hingga bazar kuliner menjadi penanda bulan Ramadan tiba.
 
ANTARA merangkum beragam tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadan beberapa negara, yang dikutip dari berbagai sumber.
 
1. Minuman Rose Sherbet saat berbuka puasa di Timur Tengah
 
Selama bulan Ramadan, sebagian besar umat Islam di seluruh dunia tetap lapar dan haus sepanjang hari dan berbuka puasa di malam hari dengan kurma, dilanjutkan dengan berbagai makanan dan minuman yang nikmat.

Ditulis laman Times of India, ada jenis minuman yang sering dikonsumsi masyarakat Timur Tengah maupun Asia Selatan untuk berbuka puasa yakni Rose Sherbet atau sirup mawar yang dibuat secara tradisional.

Di banyak budaya, termasuk masyarakat di sana, serbat mawar memiliki makna budaya dan dianggap sebagai minuman tradisional untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Keharumannya yang aromatik dan rasanya yang lembut sudah mendarah daging dalam tradisi kuliner dan sering dikaitkan dengan keramahtamahan dan perayaan.
 
Rose Sherbet atau sirop mawar yang sering menjadi minuman kala berbuka puasa di kalangan masyarakat Timur Tengah. (Shutterstock/Gulzen Ozcan)