Ahli gizi: camilan malam diperlukan di kala puasa

id kesehatan saat puasa,puasa ramadhan,pemenuhan gizi

Ahli gizi: camilan malam diperlukan di kala puasa

Arsip Foto - Pedagang buah menyusun dagangannya di daerah Gamalama, Ternate, Maluku Utara, Kamis (14/3/2024). Buah-buahan bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk dikonsumsi pada malam hari selama puasa. (ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc)

Jakarta (ANTARA) - Ahli gizi dr. Luciana Sutanto MS, Sp.GK mengatakan bahwa makan camilan pada malam hari diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam sehari di kala berpuasa.

"Makanan kecil atau selingan malam hari perlu dikonsumsi agar terpenuhi kebutuhan gizi sehari," katanya melalui layanan pesan kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa buah-buahan, kacang-kacangan, atau susu dalam porsi yang tidak berlebihan dapat dikonsumsi sebagai camilan pada malam hari.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu mengemukakan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi untuk mencegah serangan penyakit seperti flu dan batuk, yang bisa lama sembuh jika tubuh dalam keadaan tidak fit.

"Flu biasa bisa lama sembuh kalau kondisi tubuh tidak fit, sementara cuaca sekarang lebih dingin. Apalagi kalau disertai alergi, penyakit sinusitis, dan imunitas rendah," katanya.