Warga Muba di perantauan dapat fasilitas mudik gratis

id Sumsel, muba, warga perantauan, mudik lebaran

Warga Muba di perantauan dapat fasilitas mudik gratis

Pj Sekda Muba Musni Wijaya saat melantik jajaran pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM MUBA) Yogyakarta periode 2023-2025. Selain itu dirangkai silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) di Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta, Jumat (1/3/2024) malam. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Warga Kabupaten Musi Banyuasin yang berada di perantauan di pulau Jawa mendapatkan fasilitas mudik gratis ke kampung halaman dari Pemerintah Kabupaten Muba pada momen Lebaran 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Pj Sekda Muba Musni Wijaya saat melantik jajaran pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM MUBA) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) di Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta, Jumat (1/3/2024) malam.

"Tahun ini Pak Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud memfasilitasi mudik gratis masyarakat Muba dan Mahasiswa Muba yang ada Pulau Jawa, titik kumpul keberangkatan di Jogja dan akan ada beberapa titik pemberhentian di Bandung dan Jakarta," kata Pj Sekda Muba.

Dikatakan, sedikitnya ada 6 (enam) bus yang disediakan untuk kuota 240 orang.

"Tahun kemarin hanya 100 orang, di tahun 2024 ini kita tingkatkan jadi 240 orang, jadi silahkan dimaksimalkan dan didata mulai sekarang untuk program mudik gratis," kata Musni Wijaya.

Selanjutnya ia mengucapkan selamat kepada pengurus IKPM yang baru di kukuhkan, dan berharap mahasiswa yang ada di Yogyakarta dapat lebih giat lagi mengikuti proses pembelajaran.

"Organisasi ini salah satu upaya untuk kita melangkah lebih baik. Semoga adik-adik yang belajar di Yogyakarta ini dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik sehingga dapat meneruskan estafet kepemimpinan menggantikan kami di pemerintahan," ucapnya.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba ini menyampaikan bahwa Pemkab Muba sejak tahun 2018 telah menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa baik yang kuliah di dalam maupun diluar daerah. "Insyaallah untuk memacu semangat belajar adik-adik program beasiswa ini akan terus kita anggarkan. Selain dari APBD juga ada dari BAZNAS Muba untuk kita membantu adik-adik di dunia pendidikan ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum IKPM Muba Yogyakarta M Ramadhan mengucapkan terimakasih atas respon cepat Pemkab Muba di bawah kepemimpinan Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi untuk memenuhinya kebutuhan mahasiswa yang tengah menimbah ilmu di Yogyakarta, baik dari fasilitas hingga program beasiswa.

"Kami bersyukur Pemkab Muba sangat peduli dengan kami yang tengah berjuang menuntut ilmu ini. Untuk program beasiswa, ada sebanyak 33 mahasiswa di Yogyakarta yang menerima beasiswa langsung dari Pemda," tuturnya.