PT Semen Baturaja tingkatkan kesadaran K3 kepada para karyawan

id Keselamatan kerja, perusahaan plat merah, karyawan SMBR, Semen Baturaja, Bulan K3

PT Semen Baturaja tingkatkan kesadaran K3 kepada para karyawan

PT Semen Baturaja menggelar Safety Observation Tour (SOT), Sabtu (3/2/2024) (ANTARA/Edo Purmana/24)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - PT Semen Baturaja (SMBR) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, meningkatkan kesadaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada seluruh karyawan perusahaan plat merah tersebut melalui pelatihan Safety Observation Tour (SOT).

"Kegiatan SOT ini sebagai bagian dari rangkaian memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh karyawan pabrik SMBR wilayah OKU," kata Direktur Utama SMBR Suherman Yahya di Baturaja, ibu kota Kabupaten OKU, Sumsel Sabtu (3/2).

Suherman menjelaskan tujuan kegiatan SOT ini yaitu untuk mengajak peserta secara aktif mengidentifikasi potensi risiko dan memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan kondisi keselamatan di lingkungan kerja.

"Hasil identifikasi ini nantinya diunggah melalui aplikasi SHE PT Semen Indonesia (SIG) sebagai bahan pelaporan K3," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suherman menekankan bahwa efektivitas program-program perusahaan tidak dapat tercapai tanpa pengawasan langsung di lapangan.

Oleh sebab itu, kata dia, peningkatan observasi terhadap tindakan dan kondisi berpotensi berbahaya perlu ditingkatkan karena keselamatan dan kesehatan kerja menjadi prioritas utama bagi SMBR.

Melalui kegiatan SOT ini, ia memastikan kesadaran K3 tidak hanya sebatas kebijakan formal, tetapi juga menjadi budaya yang diterapkan oleh setiap individu di perusahaan plat merah tersebut.

Sementara, Direktur Operasi SMBR, Muhammad Syafitri menambahkan bahwa SOT ini bukan hanya kegiatan rutin, namun juga sebagai bentuk nyata dari SMBR untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan kerja demi keberlanjutan operasional perusahaan.

"Tujuan akhir dari SOT ini agar seluruh kegiatan operasional SMBR berjalan dengan lancar dan aman serta terhindar dari kecelakaan kerja," ujarnya.