Lima kabupaten kota di Jambi tetapkan status tanggap darurat banjir

id Jambi,status tanggap darurat banjir di jambi

Lima kabupaten kota di Jambi tetapkan status tanggap darurat banjir

Foto udara kendaraan melintas di jembatan penghubung Jambi-Sumbar yang sebelumnya ambruk di Tamiai, Kerinci, Jambi, (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan).

Jambi (ANTARA) - Lima kabupaten dan kota di Provinsi Jambi telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor atau hidrometeorologi dan kini pemerintah provinsi masih menunggu laporan dari daerah lainnya, kata Sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Jambi Sudirman.

"Jadi sebetulnya untuk laporan resmi yang sudah kami terima baru terdapat lima kabupaten/kota yang telah menetapkan status tanggap darurat mulai dari Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, kabupaten Tebo, Batanghari dan Merangin," katanya di Jambi Selasa  .

Pemerintah Provinsi Jambi juga telah mengimbau kepada seluruh kabupaten dan kota melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing untuk segera memberikan informasi lebih lanjut ketika situasi sudah terdampak banjir, agar segera menetapkan status tanggap darurat.

Ia menambahkan karena nantinya setelah ada penetapan status tanggap darurat, pemerintah provinsi akan melakukan intervensi dan kemudian memberikan bantuan dari pemerintah pusat serta untuk penanganan tahap awal yang dilakukan BPBD di daerah masing-masing nantinya tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.