PLN pastikan tak ada pemadaman saat siaga natal-tahun baru

id sumsel,PLN,aplikasi PLN Mobile,petugas,posko

PLN pastikan tak ada pemadaman saat siaga natal-tahun baru

Ilustrasi - Pekerja melakukan perbaikan jaringan listrik. (ANTARA/HO-PLN)

Palembang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) menyatakan  periode siaga natal dan tahun baru pihaknya  tidak  akan melakukan kegiatan pemeliharaan terencana dengan pemadaman aliran listrik. 

"Khusus  untuk kondisi emergency, tim Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) akan melaksanakan pemeliharaan tanpa padam demi menjaga kenyamanan masyarakat dalam menjalankan aktivitas pada momen Natal dan tahun baru," kata .Senior Manager Distribusi PLN UID S2JB Arif Pramudya di Palembang, Kamis. 

Ia menyebutkan menyiagakan 2.979 petugas dan 224 posko dalam rangka menjaga keandalan listrik menjelang hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Periode siaga akan dilaksanakan sejak 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024. 

Ia menjelaskan kondisi kelistrikan sistem wilayah S2JB) saat ini dalam kondisi memadai dengan daya mampu sebesar 3.057 Megawatt (MW) dan beban puncak 1.462 MW. 

Selain memastikan pasokan listrik aman dari sisi sumber dan jaringan, PLN UID S2JB juga menyiagakan 116 unit peralatan pendukung di seluruh unit kerjanya yang terdiri dari kendaraan mobil sebanyak 147 unit, kendaraan bermotor 232 unit, 10 mobil crane genset, UPS 14 unit, genset 25 unit, unit gardu bergerakan 61 unit.

Untuk para pengguna kendaraan listrik yang ingin berlibur lintas kota ataupun melakukan perjalanan mudik, PLN juga memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beroperasi dengan baik.

“Untuk pengguna kendaraan listrik, kami juga menyiapkan 16 unit SKPLU tersebar di Sumsel, Jambi, dan Bengkulu yang lokasinya bisa dicek melalui aplikasi PLN Mobile” jelasnya.

Selain itu, tentang solusi kelistrikan melalui layanan dalam genggaman, yaitu PLN Mobile. Masyarakat bisa melaporkan gangguan ataupun kebutuhan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile.

“Jika terjadi gangguan atau perlu layanan kelistrikan, segera lapor di PLN Mobile. Tentunya kami berharap tidak ada satupun lokasi prioritas siaga dan fasilitas umum yang terganggu pasokan listriknya selama perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 ini” kata Arif.