Menhub: Wisata jadi tujuan utama pemudik Natal dan Tahun Baru

id Menhub ,Wisata,Tujuan utama,Pemudik,Natal dan Tahun Baru,berita sumsel, berita palembang

Menhub: Wisata jadi tujuan utama pemudik Natal dan Tahun Baru

Rapat kerja Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kepala BMKG, Kakorlantas Polri, dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) bersama Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (21/11/2023). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan destinasi wisata menjadi tujuan utama sebagian besar pemudik Natal dan Tahun Baru kali ini.

Budi Karya menyampaikan bahwa dari hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi potensi pergerakan untuk Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini sebesar 107,6 juta orang yang akan bepergian atau 39,8 persen , sedangkan yang tidak bepergian 60 persen. Dibandingkan dengan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 maka kenaikannya sekitar 43 persen

"Dari hasil survei itu juga diketahui bahwa yang tertinggi itu menuju tempat wisata sebanyak 45 persen, pulang kampung 30 persen, merayakan Natal dan Tahun Baru sebanyak 18 persen," ujarnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR terkait persiapan Natal dan Tahun Baru di Jakarta, Selasa.

Dari hal tersebut maka wisata menjadi tujuan utama pemudik Natal dan Tahun Baru, dan untuk tujuan paling banyak ke Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar), dan Jabodetabek.

Untuk asal pemudik paling banyak berasal dari Jatim, diikuti Jabodetabek, Jateng, Jabar dan Sumatera Utara (Sumut).

Terkait moda transportasi yang digunakan oleh pemudik Natal dan Tahun Baru kali ini, maka mobil pribadi menjadi primadona nomor satu sekitar 35 persen, sepeda motor 17 persen, kereta api 13 persen, berikutnya moda angkutan udara, bus dan kapal laut.