Semen Baturaja perkuat sinergi dan harmoni di usia 49 tahun

id HUT SMBR, PT Semen Baturaja, perusahaan plat merah, pembangunan negeri

Semen Baturaja perkuat sinergi dan harmoni di usia 49 tahun

Jajaran PT Semen Baturaja menggelar puncak perayaan HUT ke 49 tahun 2023 di Wisma Ganesa Baturaja, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - PT Semen Baturaja memasuki usia ke 49 tahun 2023 terus memperkuat sinergi dan harmoni untuk terus maju dan bertranformasi guna kemajuan pembangunan di Tanah Air.

Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Donny Arsal di Baturaja, ibu kota Kabupaten OKU, Sumsel, Selasa mengatakan, sejak hampir lima dekade PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) telah hadir untuk negeri.

Berbagai tantangan dan dinamika yang telah dilalui, namun SMBR terus maju dan bertranformasi menjadi lebih kuat dengan bergabungnya perusahaan plat merah tersebut ke dalam bagian ekosistem SIG.

"Terimakasih kepada semua insan di SMBR, baik dari manajemen serta seluruh karyawan atas usahanya dan kerja keras sehingga perusahaan tetap semakin solid dan baik dalam menghadapi tantangan di tahun 2023," kata Donny dalam puncak perayaan HUT ke-49 di Wisma Ganesa Baturaja.

Dalam rangka peringatan puncak HUT ke-49, SMBR memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa santunan pendidikan kepada warga di Ring 1 di tiga lokasi operasional yaitu Kota Palembang, Baturaja, dan Panjang.

Lalu, bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada Program Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran serta Dinas Pendidikan wilayah setempat.

Selanjutnya, bantuan santunan pendidikan dari Ikatan Istri Karyawan Semen Baturaja (IIKSB) kepada para anak didik dari Warga Ring 1 Baturaja dengan dana yang tersalurkan sebesar Rp553.750.000.

"SMBR juga memberikan penghargaan Setia Kerja kepada 31 karyawan/ti sebagai apresiasi atas masa bakti karyawan yang telah bekerja selama 10 tahun," ungkapnya.

Berdasarkan data, kata dia, kinerja SMBR sampai dengan triwulan III tahun 2023 khususnya bagian keuangan terbilang sangat baik di mana pendapatan 10 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu dengan laba bersih mencapai Rp54 miliar atau meningkat 25 persen.

Kinerja keuangan yang baik itu tentu saja ditunjang oleh kinerja pemasaran, di mana volume penjualan semen pada 2023 meningkat 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Penjualan white clay berhasil dicapai sama dengan pencapaian tahun lalu. Dengan peningkatan penjualan tersebut, Perseroan berhasil meningkatkan market share sebesar 1 persen di wilayah Sumbagsel," ujarnya.