Gubernur Fatoni resmikan pasar rakyat gerakkan perekonomian di OKU

id Pasar Rakyat, roda perekonomian, los pedagang, Gubernur Sumsel, Pemkab OKU

Gubernur Fatoni  resmikan pasar rakyat gerakkan perekonomian di OKU

Penjabat Gubernur Sumsel A Fatoni meresmikan operasional pasar rakat di Desa Tungku Jaya, Kabupaten OKU, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) A Fatoni meresmikan pasar rakyat di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk menggerakkan roda perekonomian daerah itu.

"Alhamdulillah setelah dibangun sejak tahun 2022 akhirnya hari ini pasar rakyat resmi beroperasi," kata Pj Gubernur Sumsel A Fatoni di Baturaja, ibu kota Kabupaten OKU, Sabtu.

Dia mengatakan pembangunan pasar rakyat itu menggunakan dana Bantuan Gubernur (Bangub) tahun anggaran 2022 sebesar Rp4,1 miliar untuk menggeliatkan perekonomian daerah, khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Pembangunan pasar rakyat itu juga dalam upaya meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah.

"Sejak 2021 hingga saat ini Pemprov Sumsel telah membangun dan merevitalisasi sebanyak 16 pasar, termasuk pasar rakyat Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang hari ini bersama-sama kita resmikan," ujarnya.

Ia berharap pasar rakyat ini nantinya mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern di Kabupaten OKU sehingga dapat meningkatkan omzet pedagang di daerah itu.



"Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan daya saing pasar tradisional di wilayah Kabupaten OKU," ujar dia.

Sementara, Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menambahkan pasar rakyat tersebut dibangun dengan konsep modern dengan kapasitas lebih dari 100 los pedagang yang akan memanfaatkan fasilitas umum tersebut.

Selain itu, kata dia, di pasar tersebut juga disediakan sebanyak 16 kios yang dibangun dengan konsep modern untuk para pedagang menjajakan barang dagangannya.

"Dengan adanya pasar rakyat di Desa Tungku Jaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok rumah tangga," ujar dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Sumsel resmikan pasar rakyat gerakkan perekonomian di OKU