Muara Enim gelar bimtek pengawasan perizinan usaha berbasis risiko

id muara enim sumsel, bimtek perizinan, berusaha berbasis risiko

Muara Enim gelar bimtek pengawasan perizinan usaha berbasis risiko

Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Impelementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Muara Enim di Muara Enim. (ANTARA/HO.Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Impelementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Muara Enim di Muara Enim, Kamis (12/10).

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan H Hermin Eko Purwanto saat membuka kegiatan itu menyebutkan  Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu kabupaten yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah.

Apabila dikelola dengan baik maka akan dapat menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai pilihan bagi para investor. Apalagi didukung dengan berbagai kemudahan perizinan berusaha yang diberikan Pemkab.

"Muara Enim tentu dapat membuat para investor semakin bergairah untuk berinvestasi di Kabupaten Muara Enim," katanya.

Namun, lanjutnya, investasi yang masuk tetap harus dikendalikan agar betul-betul bisa mendatangkan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Disamping itu, pengendalian ataupun pengawasan terhadap arus investasi juga diperlukan agar investasi yang dilakukan senantiasa selaras dengan kebijakan penanaman modal dan pembangunan ekonomi nasional, sehingga terjadi sinkronisasi yang harmonis antara pembangunan daerah dan pembangunan nasional.

Guna menciptakan lingkungan yang ramah investasi, Pemkab Muara Enim melalui DPMPTSP Kabupaten Muara Enim menerapkan Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA).

"Kita berharap usai mengikuti Bimtek ini pelaku usaha dapat memahami OSS RBA sehingga dapat mengakses OSS RBA secara mandiri serta dapat meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam memenuhi ketentuan-ketentuan pelaksanaan penanaman modal, sehingga dapat menunjang peningkatan realisasi investasi di Kabupaten Muara Enim," pungkas Eko.