Pemprov Sumsel gelar diklat tingkatkan kualitas pengelola keuangan daerah

id sumsel,palembang,diklat bendahara,pemprov sumsel

Pemprov Sumsel gelar diklat tingkatkan kualitas pengelola keuangan daerah

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) meningkatkan kualitas pengelola keuangan daerah dengan menggelar pendidikan dan latihan (diklat) Bendahara Keuangan Daerah Tahun 2023. ANTARA/HO-Diskominfo Palembang

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) meningkatkan kualitas pengelola keuangan daerah dengan menggelar pendidikan dan latihan (diklat) Bendahara Keuangan Daerah Tahun 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono saat membuka diklat tersebut di Palembang, Selasa, mengatakan setelah mengikuti diklat, para bendahara keuangan daerah diharapkan akan lebih memahami teknis tata kelola keuangan pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

"Ikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya para bendahara akan lebih mengerti tata kelola keuangan pemerintahan sesuai dengan aturan yang ada dan prosedural, agar nantinya tidak terjadi permasalahan pada penggunaan anggaran" ucapnya.

Ia mengatakan pada era reformasi saat ini, tata kelola keuangan daerah sudah banyak mengalami perubahan dalam mewujudkan good governance dan clean goverment.

"Perubahan yang saya maksud ini adalah, melakukan tata kelola yang baik, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, serta bertanggung jawab dan bermanfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumsel Prof Edwar Juliartha menegaskan Diklat Bendahara Keuangan Daerah Tahun 2023 diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan bendahara dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel.

"Melalui diklat ini diharapkan para bendahara dari masing-masing OPD di lingkungan Pemprov Sumsel, akan mampu mengelola keuangan daerah secara prosedural," kata dia.