Dorong inovasi pemanfaatan Batu Bara dan EBT, Bukit Asam gandeng BRIN

id PTBA Sumsel,berita sumsel, berita palembang

Dorong inovasi pemanfaatan Batu Bara dan EBT, Bukit Asam gandeng BRIN

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota holding BUMN pertambangan MIND ID, menyepakati kerja sama dengan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendorong inovasi di bidang industri berbasis batu bara serta energi baru dan terbarukan (EBT). (ANTARA/HO/Corsec)

Jakarta (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota holding BUMN pertambangan MIND ID, menyepakati kerja sama dengan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendorong inovasi di bidang industri berbasis batu bara serta energi baru dan terbarukan (EBT).

Kerja sama PTBA dan BRIN mencakup beberapa hal. Di antaranya yakni riset dan pengembangan, kajian teknologi energi dan industri berbasis batu bara. Kemudian riset dan pengembangan, kajian teknologi dan industri bidang EBT. Selain itu pendampingan, memberikan masukan dalam pengkajian, pemilihan dan penerapan teknologi energi dan industri.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dan Deputi Bidang Pemanfaatan Riset & Inovasi BRIN Hendrian di Jakarta pada Senin (2/10/2023).

Terkait kerja sama ini, Arsal mengungkapkan harapannya agar inovasi yang dihasilkan dapat mempertimbangkan skala keekonomian sehingga dapat diimplementasikan. Khususnya untuk pemanfaatan batu bara.

"Kita harapkan kerja sama dengan BRIN ini dapat menciptakan inovasi baru, menciptakan efisiensi sehingga hilirisasi batu bara bisa dijalankan," kata Arsal Ismail.

Hal ini sejalan kebijakan Pemerintah yang mendorong peningkatan nilai tambah. Selaras juga dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. "Karena itu, dibutuhkan inovasi dalam teknologi," Arsal menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Hendrian menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung PTBA dalam menjaga ketahanan energi nasional. Dengan inovasi-inovasi dari para periset BRIN, diharapkan kontribusi PTBA bisa semakin meningkat.

"Teman-teman dari BRIN mudah-mudahan bisa menjadi mitra seperti yang diharapkan. Setelah penandatanganan kesepakatan ini, segera kita lakukan koordinasi. Mudah-mudahan kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa dan negara," tegasnya.

Hadir dalam acara ini, jajaran BRIN antara lain Direktur Pemanfaatan Riset & Inovasi Pada Industri BRIN Mulyadi Sinung Harjono, Kepala Pusat Teknologi Pertambangan BRIN Anggoro Tri Mursito. Sedangkan dari PTBA hadir Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra, Sekretaris Perusahaan PTBA Niko Chandra, SVP PMO PTBA Kris Tjahajaning Tyas, VP Pengembangan Tambang PTBA Wali Al Hasunah, VP Pengembangan Hilirisasi PTBA Setiadi Wicaksono.