Dirut ANTARA: ASEAN Newsroom "embrio" asosiasi media di kawasan

id asean,asean newsroom,asean newsroom corner,berita sumsel, berita palembang

Dirut ANTARA: ASEAN Newsroom "embrio" asosiasi media di kawasan

Menkominfo Budi Arie Setiadi (tengah) bersama Wamenkominfo Nezar Patria (kedua kiri), Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong (kanan), Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu Teuku Faizasyah (kedua kanan), serta Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir (kiri) berfoto usai meluncurkan ASEAN Newsroom di Media Center KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2023). Media Center KTT ASEAN 2023/Aditya Pradana Putra. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - ASEAN Newroom, suatu konsep yang diinisiasi oleh Kantor Berita ANTARA, dapat menjadi "embrio" untuk pembentukan asosiasi media-media di kawasan Asia Tenggara, kata Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir.

Hal itu disampaikan Akhmad Munir pada acara peresmian ASEAN Newsroom Corner oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di sela-sela rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Media Center JCC, Jakarta, Senin.

ASEAN Newsroom merupakan suatu ide dan upaya untuk mendorong terciptanya kembali sebuah kerja sama di antara kantor-kantor berita negara anggota ASEAN di tengah kebutuhan atas informasi yang akurat dan kredibel yang terus meningkat.

Kantor Berita Antara dengan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Kementerian Luar Negeri berkomitmen untuk menghidupkan kembali semangat kerja sama antar sesama kantor berita ASEAN seperti yang pernah dijalankan melalui jaringan kerja sama ASEAN News Exchange (ANEX).

Salah satu bentuk nyata dukungan Antara bagi terbentuknya ASEAN Newsroom itu adalah dengan menyediakan satu ruang yang didedikasikan secara khusus sebagai ASEAN Newsroom Corner.