PTBA berdayakan ibu rumah tangga lewat usaha batik kujur

id sumsel,batik kujur,umkm,ptba

PTBA berdayakan ibu rumah tangga  lewat usaha batik kujur

Pengrajin memproduksi batik khas bermotif dusun Muara Enin produksi LA Batik Kujur, yang merupakan salah satu mitra binaan PTBA yang berhasil naik kelas dan dikenal masyarakat. (ANTARA/HO/Ist-PTBA)

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memberdayakan kelompok ibu rumah tangga di kawasan sentra industri Bukit Asam (SIBA) Center, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel), lewat usaha batik kujur.

Vice President Sustainability PTBA Hartono dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Jumat, mengatakan hingga saat ini terdapat 12 kelompok SIBA Batik Kujur dengan total anggota 35 perajin.

Para perajin yang diberdayakan dalam kelompok SIBA Batik Kujur ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tanjung Enim, khususnya Dusun Tanjung.

Ia menjelaskan ciri khas Batik Kujur adalah desain motif yang mengangkat kearifan lokal, yakni kujur, kopi, rumah tengkiang, dan bunga tanjung. Kujur merupakan senjata tradisional berupa tombak yang merupakan peninggalan nenek moyang masyarakat Tanjung Enim.

Beragam produk yang telah dihasilkan, di antaranya Batik Kujur ramah lingkungan yang dibuat dengan menggunakan pewarnaan alami yang memanfaatkan tanaman endemik. Selain menjual produk dalam bentuk lembaran kain batik, para perajin juga menciptakan berbagai inovasi produk Batik Kujur seperti topi, kipas, dompet, tas, baju dan masker.

Kemudian, PTBA memfasilitasi SIBA Batik melalui penyediaan Gerai Batik Kujur di area SIBA Center. Untuk menunjang proses produksi, perusahaan telah berinvestasi sosial melalui penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk kegiatan membatik dan pembangunan infrastruktur berupa rumah produksi Batik Kujur yang terletak di Dusun Tanjung.