Pj Gubernur Sumsel jadikan Museum Tekstil ujung tombak edukasi batik

id Sumsel, edukasi, gubernur sumsel

Pj Gubernur Sumsel jadikan Museum Tekstil ujung tombak edukasi batik

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan H Agus Fatoni membuka Sumatera Bisnis, Investasi & UMKM Festival 2024 yang berlangsung di Palembang Indah Mall Kota Palembang , Rabu 5 Maret 2024. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pj Gubernur Sumatera Selatan H Agus Fatoni ingin menjadikan Museum Tekstil di Kota Palembang jadi ujung tombak edukasi dan pengenalan batik di Sumatera Selatan.

"Museum Tekstil salah satu yang akan kita tingkatkan kembali tingkat kunjungannya, di sana jadi ujung tombak edukasi dan pengenalan batik yang ada di Sumsel," kata Agus Fatoni saat membuka Sumatera UMKM, Investasi Festival di Palembang.

Ia menyebutkan, Provinsi Sumsel merupakan daerah yang memiliki banyak ragam batik khas daerah. Hal itu merupakan salah satu keunggulan dan potensi daerah.

Menurut Gubernur, diharapkan wisatawan, warga dan siswa di Sumsel yang melakukan wisata ke Palembang untuk menjadikan Museum Tesktil salah satu agenda kunjungannya.

Museum Tekstil berada di Jalan Diponegoro Kota Palembang atau berdekatan dengan kawasan Kambang Iwak yang merupakan salah satu ruang publik terfavorit di Kota Palembang.

Di Museum itu terdapat sedikitnya 500 koleksi barang-barang tentang tesktil. Keberadaanya sama seperti Museum Geologi di Badung, Museum Palagan Ambarawa di Jateng dan Museum Gunung Merapi di Yogyakarta.

Sedangkan  Sumatera Selatan memiliki Museum Tekstil yang berada di Kota Palembang.