Ilham Djaya kelahiran Sumsel rasa Sumbar

id ilham djaya, kemenkumham,sosok, kakanwil kemenkumham sumsel,pakaian adat

Ilham Djaya kelahiran Sumsel rasa Sumbar

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya tampak gagah mengenakan pakaian adat Minang, Sumbar. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan Ilham Djaya tampak gagah dengan pakaian adat khas Minang, Sumatera  Barat saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Palembang, Kamis (17/8).

Melihat penampilan tersebut  siapapun yang melihat sosok Ilham Djaya mengira Kakanwil Kemenkumham Sumsel itu adalah putra Minang, Sumbar.

Jika sebelum melihat biodatanya, tidak salah jika orang mengira Ilham Djaya adalah orang Sumbar, namun setelah mengetahui sosoknya lebih dalam ternyata suami Rita Bayami itu adalah putra kelahiran Pendopo, Kabupaten Pali, Sumsel pada 20 Desember 1964.

Putra Sumsel rasa Sumbar itu ternyata dipengaruhi awal karirnya menjabat sebagai  Kasubag  TU  Bapas Padang, Kanwil Kememkumham  Sumbar pada 1994.

Setelah merintis karir di Bapas Padang beberapa tahun, ayah Venty Indah Utami, Verdian Rifansyah, dan Vicky Febio Alpian karirnya terus naik hingga menduduki lima kali jabatan Kakanwil Kemenkumham.

Jabatan Kakanwil Kemenkumham pertama kali diperoleh di Papua Barat  tahun 2013, kemudian di Sulawesi Tenggara (2014), kata Ilham yang menamatkan pendidikan di SD Negeri 115 Palembang  pada 1976, 
SMP YPP Pali, Sumsel (1980), dan SMA Marsudi Luhur Yogyakarta pada 1982.

Selanjutnya alumni S1 Ilmu Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta (1988), S2 Manajemen Pendidikan Universitas Padang (2000), S2 hukum pidana  Universitas Muhammadiyah Palembang (2012) dan S3 hukum pidana Universitas Borobudur Jakarta menduduki jabatan Kakanwil Kemenkumham Bengkulu  (2017).

Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah pada 2019, dan  menjabat  Kakanwil Kemenkumham Sumsel sejak 2022 sampai sekarang.

Perjalanan karir cemerlang yang dilalui Kakanwil Kemenkumham Sumsel itu semoga bisa terus berjalan dengan baik dan meningkat, menjadi kebanggaan dan menginspirasi masyarakat di daerah kelahiran yang merupakan daerah pemekaran Kabupaten Muara Enim, Sumsel serta semua orang.