Kakanwil Ilham Djaya kenakan pakaian Minang pimpin upacara HUT RI ke-78

id hut ri,kemerdekaan ri,hut ke-78,upacara, pakaian adat, kemenkumham

Kakanwil Ilham Djaya kenakan pakaian Minang pimpin upacara HUT RI ke-78

Kakanwil Ilham Djaya mengenakan pakaian adat Minang pimpin upacara HUT RI ke-78 di Palembang, Kamis (17/8) (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 kian meriah, tampil memukau menggunakan pakaian adat daerah, seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Palembang, Kamis.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Dr. Ilham Djaya memimpin langsung upacara dengan mengenakan pakaian adat Minang.

Kakanwil pada kesempatan itu mengajak jajaran mengenang jasa pahlawan, menggugah semangat kebangsaan dan semangat membangun bangsa. 

"Jangan pernah melupakan sejarah. Negara ini dibangun dari berbagai suku, agama dan ras. Semuanya melebur membawa satu tujuan Indonesia. Mari saling menghargai tanpa membeda-bedakan," ujar Ilham di lapangan upacara Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. 

Dalam amanat tersebut disampaikan pentingnya menjunjung tinggi toleransi, mengingat akhir-akhir ini maraknya pihak-pihak yang menebar kebencian. 

"Kita sebagai ASN memiliki peran sebagai suri tauladan untuk masyarakat sekitar. Tunjukkan bahwa kita peduli dan menjunjung tinggi toleransi antar sesama, tanpa memandang suku bangsa maupun agama," ujar Kakanwil Ilham Djaya  membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. 

Menurut dia  jadikan momentum kemerdekaan ini dengan memberikan pelayanan terbaik tanpa membeda-bedakan. 

"Mari kita mengabdi, terus melaju untuk Indonesia maju," tutup Ilham. 

Upacara HUT RI tahun ini  juga diselingi dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya, yaitu penghargaan atas pegawai yang telah menjalani tugas sebagai abdi negara selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. 

Sebanyak 45 pegawai hadir menerima pin Satya Lencana dari perwakilan satuan kerja Kemenkumham di wilayah Palembang.