Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Palembang akan tiba 6 Juli 2023

id haji,debarkasi palembang,jamaah haji ,kepulangan jamaah haji,ibadah haji 2023,jamaah sumatera selatan

Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Palembang akan tiba 6 Juli 2023

Keberangkatan calon haji kloter pertama Embarkasi Palembang di Bandara Sultan Mahmud Baharuddin II Palembang, Sabtu (27/5/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatra Selatan (Sumsel) menyebutkan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Debarkasi Palembang akan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada 6 Juli 2023 pukul 22.15 WIB.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan untuk membahas proses pemulangan jamaah haji tahun ini. 

“Alhamdulillah kita tinggal menunggu mereka kembali ke Tanah Air. Saya mohon seluruh pihak dapat bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing. Memang ini adalah tugas yang biasa dilakukan setiap tahun, akan tetapi jangan dianggap sepele karena tugas apapun yang diberikan itu harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Terkait proses penjemputan jamaah oleh keluarga, ia mengimbau agar proses penjemputan dilakukan di titik kumpul yang sudah ditentukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau kabupaten/kota setempat. Kecuali jamaah lansia dan berkebutuhan khusus yang berdomisili di Kota Palembang diperkenankan untuk dijemput di Asrama Haji.

Ia mengatakan ahun ini jamaah haji mendapatkan 10 liter air zamzam, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya lima liter air zamzam. Namun, kata dia, berhubung saat menandatangani nota kesepahaman(MoU) dengan pihak penerbangan Saudi Airlines para jamaah mendapatkan lima liter, maka beberapa kloter awal untuk sementara diberikan dahulu lima liter air zamzam dan kekurangannya akan diantarkan ke kabupaten dan kota masing-masing. 

"Untuk jamaah haji yang wafat, semua barang bagasi dan air zamzam tetap akan diberikan kepada keluarga jamaah yang ditinggalkan di Tanah Air," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bagian (Kabag) Agama Biro Kesra Sumsel Sunarto mengimbau kepada petugas Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) menyambut dan melayani jamaah yang kembali ke Tanah Air.

"Jamaah haji tersebut baru tiba dari Tanah Suci. Insya Allah pada diri mereka memiliki keberkahan yang luar biasa. Mari layani mereka dengan baik," ucapnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Palembang bakal tiba Kamis ini