10.000 peserta se-Indonesia ditargetkan hadiri puncak Harganas 2023 di Banyuasin

id harganas,keluarga, stunting, sumsel,banyuasin

10.000 peserta se-Indonesia ditargetkan hadiri puncak Harganas 2023 di Banyuasin

Sebanyak 10.000 peserta dari seluruh Indonesia akan hadir pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel). (ANTARA/HO.Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 10.000 peserta dari seluruh Indonesia akan hadir pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan yang akan digelar 6 Juli 2023 itu akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Untuk persiapan menggelar perhelatan akbar itu, Bupati Banyuasin H Askolani, Sekda Erwin Ibrahim dan tim secara khusus menghadiri rapat koordinasi panitia penyelenggara Harganas 2023 di Kantor BKKBN di Jakarta, pertengahan pekan lalu.

Kegiatan Harganas ke-30 tahun 2023 mengusung tema "Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju".

Dalam rapat tersebut, Bupati Askolani mengatakan pihaknya telah mempersiapkan Harganas di Kabupaten Banyuasin, tujuan umum dari diselenggarakan Harganas 2023 yakni mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting terutama untuk menurunkan kembali angka stunting yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Harapannya penyelenggaraan ini dapat menyambung visi misi Presiden yaitu Indonesia maju dengan sumber daya manusia (SDM) unggul sehingga nanti diharapkan tahun 2030 tidak ada stunting di Indonesia.

“Tentunya peringatan Harganas ke-30 Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengajak masyarakat bebas stunting karena kenyataannya kita belum bebas tapi kita masih menuju. Kegiatan-kegiatan yang memeriahkan acara nasional akan terus dimonitor bahkan disimulasikan langsung dengan betul-betul matang, sehingga penyelenggaraan akan berjalan sukses dan lancar,” katanya.

Menurut Bupati Askolani, sebagai tuan rumah pelaksanaan Harganas 2023 sejauh ini sudah menyiapkan wilayah serta kesiapan infrastruktur untuk acara puncak Harganas agar dapat menampung peserta dari seluruh Indonesia.

Pemilihan Kabupaten Banyuasin sebagai tuan rumah Harganas tahun 2023 pun berdasarkan best pratice dengan data-data yang kuat seperti pencapaian percepatan penurunan stunting yang signifikan.

“Persiapan Harganas akan dilakukan dengan dukungan dan keterlibatan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, tentunya diharapkan ke depan peringatan Harganas bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.