Hutama Karya bergerak lebih cepat dengan karya terbaik di usia 62 tahun

id Hk,Hutama karya,Hut 62

Hutama Karya bergerak lebih cepat dengan karya terbaik di usia 62 tahun

Ilustrasi PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya/HK) (ANTARA/Ho/dok.Pri)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya/HK) mempertegas posisi perusahaan untuk bergerak lebih cepat dengan karya terbaik untuk kemajuan Indonesia di hari jadinya yang ke-62 tahun pada Rabu (29/3).

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan HK Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa tahun ini perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengangkat tema "Bergerak Lebih Cepat dengan Karya Terbaik" yang memiliki filosofi yang sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membangun Indonesia.

HK memiliki komitmen dan selalu optimistis untuk terus bergerak cepat dalam menyukseskan pembangunan proyek infrastruktur dan pengembangan bisnis dengan karya terbaik untuk Indonesia Maju.

Saat ini sedang fokus dalam penyelesaian proyek-proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sedang berjalan dan pencarian proyek baru. Salah satu proyek baru yang sedang digarap  adalah Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau yang ditargetkan selesai pada 2024.

Pada 2022, perusahaan ini berhasil menyelesaikan beberapa mega proyek, mulai dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat (11,8 kilometer), Ruas Bengkulu-Taba Penanjung (3,4 kilometer), Ruas Pekanbaru-Bangkinang (30,9 kilometer), Bendungan Semantok di Jawa Timur, Masjid Al Jabbar di Jawa Barat, RSUP Dr. Ben Mboi di Nusa Tenggara Timur.

Di tahun ini, menargetkan penyelesaian pembangunan JTTS sepanjang 361 km dan beberapa proyek jasa konstruksi lainnya, antara lain Bendungan Tigadihaji di Sumatera Selatan, Bendungan Ameroro di Sulawesi Selatan, RS Sanglah di Bali, Menara Turyapada di Bali, PLTGU Tambak Lorok di Semarang dan EPC Tuban Jetty di Jawa Timur.

HK mencatatkan kenaikan total aset yang signifikan selama lima tahun terakhir, yakni tumbuh Rp108,438 triliun dari total aset tahun 2017 sebesar Rp48,716 triliun menjadi Rp157,154 triliun pada 2023, atau meningkat 223 persen. Semakin dikuatkan pula dengan pertumbuhan solid EBITDA di angka Rp3,421 triliun, tumbuh 43 persen (year on year) dan juga likuiditas dari perusahaan yang semakin kokoh.

Selain itu perusahaan di bawah BUMN ini juga telah mengimplementasikan digitalisasi di semua lini bisnis, antara lain dengan menerapkan teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) Full Modul dan juga Building Information Modeling (BIM).


Peningkatan aset 

Dari sisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HK berkomitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola agar terintegrasi dengan baik.

Sepanjang 2022, total penyaluran dana TJSL perusahaan ini sebesar Rp13,54 miliar yang terbagi menjadi empat pilar utama, yaitu Pilar Sosial (sektor pendidikan, kesehatan, dan pemberantasan kelaparan dan kemiskinan) sebesar Rp4,13 miliar (30,50 persen), Pilar Ekonomi (pengembangan dan pendanaan UMK serta infrastruktur masuk desa) sebesar Rp7,39 Miliar (54,58 persen), Pilar Lingkungan (pengolahan sampah, konservasi satwa, penghijauan, tanggap bencana, sanitasi masyarakat, dan bantuan keagamaan) sebesar Rp1,87 miliar (13,81 persen) dan Pilar Hukum & Tata Kelola (women's empowerment) sebesar Rp150 juta (1,11 persen).

Dalam menjalankan pilar tersebut, HK fokus pada empat program utama bertajuk "HK Peduli", yaitu di bidang HK Peduli Pendidikan, HK Peduli Lingkungan, HK Peduli Kreatif, dan HK Peduli Sosial. Program HK Peduli yang sudah dilaksanakan pada 2022, antara lain penanaman 51.897 pohon di sekitar aktivitas operasi bisnis HK, Unit Pengelolaan Sampah Rest Area yang pilot project-nya dilaksanakan di Rest Area 215B Tol Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung Lampung, pemberian beasiswa, pelatihan untuk sertifikasi guru, serta peningkatan kapasitas UMK di Rest Area 215B Lampung yang diikuti oleh 45 UMKM.


HK Peduli

Dalam rangka HUT ke-62, juga dilakukan kegiatan program HK Peduli Pendidikan dengan memberikan bantuan prasarana pendidikan untuk kebutuhan belajar mengajar bagi tenaga pengajar maupun murid yang ada di daerah Jakarta, Banten, Bengkulu dan Riau. Menariknya, kegiatan HK Mengajar di Bengkulu, diikuti oleh 13 orang relawan internal dari perusahaan ini.


Apresiasi 

Terkait prestasi, beberapa penghargaan diterima oleh HK selama tahun 2022 hingga 2023, antara lain, Best BUMN 2022 with Top Financial Performance and Initiatives Corporate Business Development yang diberikan oleh Warta Ekonomi, 2nd Best Human Capital 2022 yang diberikan oleh Economic Review, Kategori "Informatif" dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022, Best Paper Award di ajang International Conference in Construction applications VR di Seoul Korea.

Pada awal 2023 terus menunjukkan eksistensinya dengan mendapatkan Penghargaan Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Business Strategy to Create Reliable Infrastructure kategori Infrastructure Services Industry dari Warta Ekonomi, Penghargaan Peringkat II dan III K/L Anggaran Terbesar Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) kategori Perusahaan BUMN dari Kementerian Perindustrian RI dan baru-baru ini memperoleh penghargaan dalam ajang BUMN Corporate Communication & Sustainability Summit 2023 kategori SME Development (Bronze).

Penghargaan ini merupakan bukti komitmen yang dijalankan perusahaan untuk menjadi BUMN Infrastruktur Terkemuka Indonesia.

Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dari seluruh pihak. Optimisme dan semangat HK menyukseskan pembangunan Infrastruktur di Indonesia dengan menghasilkan karya terbaik.
 
Ilustrasi PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya/HK) (ANTARA/Ho/dok.Pri)


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: HK bergerak lebih cepat dengan karya terbaik di usia 62 tahun