PDAM Tirta Musi Palembang bangun IPA bagi 40.000 sambungan

id ipa palembang,sambungan baru,ipa gandus,pdam tirta musi,berita palembang

PDAM Tirta Musi Palembang bangun IPA bagi 40.000 sambungan

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya, di Palembang, Selasa. (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - PDAM Tirta Musi Palembang pada Tahun 2023 ini membangun instalasi pengolahan air bersih (IPA) dengan kapasitas terpasang 500 liter per detik di kawasan kecamatan Gandus kota setempat.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya, di Palembang, Selasa, mengatakan pembangunan IPA 500 liter per detik di kawasan padat penduduk ini diproyeksikan untuk 40.000 sambungan.

"Ini juga sebagai bentuk upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang selama ini mungkin masuk dalam daftar tunggu," katanya.

Pembangunan penambahan IPA ini dibiayai dengan dana pinjaman dari Bank SumselBabel senilai Rp136 miliar. IPA ini ditargetkan selesai selama 15 bulan sejak dikerjakan awal tahun 2023.

PDAM Tirta Musi Palembang yang saat ini memiliki 312.000 pelanggan secara bertahap akan terus meningkatkan kapasitas produksinya sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan membaiknya perekonomian kota sejak melandainya pandemi COVID-19 pada 2023.

Kemudian tahun ini juga dibangun IPA dengan kapasitas 250 liter per detik untuk 20.000 sambungan di kawasan Kecamatan Kalidoni Palembang.

"Di Kecamatan Kalidoni ini sudah tercatat sebanyak 15.000 calon pelanggan rumah tangga," kata Andi.

Menyinggung soal rencana kenaikan tarif air bersih rata-rata sekitar 15 persen, ia menjelaskan masih dalam pengkajian yang hitung-hitungannya secara komprehensif yang tidak memberatkan masyarakat.

"Memang ada wacana akan menaikkan tarif untuk pelanggan ini pada Maret 2023, tapi ini perlu pengkajian mendalam dan persetujuan wali kota," ujarnya.

 

Pewarta :
Editor: Syarif Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2023