BPKARSS terima penghargaan Pelayanan Transportasi dari Kemenhub

id LRT Sumatera Selatan,BPKARSS,penghargaan kemenhub,lrt,info sumsel

BPKARSS terima penghargaan Pelayanan Transportasi dari Kemenhub

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) Dedik Tri Istiantara menerima tropi penghargaan Prima Utama Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2022 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (27/10/2022). ANTARA/HO-Humas BPKARSS

Palembang (ANTARA) - Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) menerima penghargaan Prima Utama Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2022 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala BPKARSS Dedik Tri Istiantara, dalam keterangan resmi yang diterima di Palembang, Sumsel, Kamis, mengatakan pihaknya terpilih karena dinilai unggul oleh tim independen Kemenhub.

Tim independen tersebut melakukan verifikasi penilaian secara langsung moda transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan di Kota Palembang, beberapa waktu lalu.

Adapun Penilaian Pelayanan Prima itu dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penilaian Pelayanan Kinerja pada Unit Pelayanan.

Masing-masing terdiri atas enam aspek penilaian yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana prasarana tiga pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

"Poin sempurna ini merupakan sebuah pencapaian yang tentu sangat kami harapkan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dan mendukung terciptanya Pelayanan Prima di LRT Sumatera Selatan," ujar Dedik.

Dedik menambahkan BPKARSS di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub selalu berupaya untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna LRT Sumatera Selatan.

Di antaranya, memastikan ketepatan jadwal keberangkatan di setiap 13 stasiun LRT, menerbitkan kartu berlangganan yang bernilai ekonomis bagi kalangan pelajar, lanjut usia, aparatur sipil negara, dan penyandang disabiltas.

Juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang dalam hal operasional moda transportasi angkutan kota (angkot) feeder-LRT yang menghubungkan masyarakat kawasan terpencil ke setiap stasiun LRT yang ada.

Dia menyebutkan, dari berbagai upaya peningkatan jumlah penumpang tersebut telah berdampak terhadap tingkat okupansi LRT Sumatera Selatan.

Sejak diluncurkan tahun 2018 lalu telah mengangkut 8.522.075 penumpang per Oktober 2022 atau dengan jumlah rata-rata penumpang harian 9.866 orang.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat merangsang semangat kreativitas, dan memotivasi peningkatan pelayanan, tentu juga membutuhkan saran dan masukan akan dari pengguna jasa sebagai evaluasi, kata Dedik.