OKU Selatan terima penghargaan "Petani Inovatif Tanaman Kopi"

id Petani inovatif, profil kopi unggulan, petani OKU Selatan, budidaya kopi, Pulau Sumatera

OKU Selatan terima penghargaan "Petani Inovatif Tanaman Kopi"

Pemkab OKU Selatan Sumsel menerima penghargaan Petani Inovatif Tanaman Kopi. (ANTARA/Diskominfo OKU Selatan/22)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, menerima penghargaan predikat Petani Inovatif dengan jenis tanaman kopi unggulan terbaik di wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Firman Bastari di Muaradua, Minggu menerangkan penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru beberapa hari lalu di Kota Palembang bersamaan dengan Sarasehan Kelompencapir Milenial dengan tema 1001 Cerita dari Bumi Sriwijaya untuk Indonesia Menuju Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Dia menjelaskan predikat petani inovatif merupakan hasil kerja keras dan inovasi para petani serta berbagai pihak terkait yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Menurut dia, Kabupaten OKU Selatan dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Sumsel yang saat ini terus dikembangkan hingga ke luar Sumatera, bahkan menembus pasar luar negeri.

"40 persen total perkebunan kopi di Sumsel ini berada di wilayah Kabupaten OKU Selatan dengan luas mencapai lebih dari 70 ribu hektare di tahun 2017," katanya.

Sampai saat ini masyarakat OKU Selatan masih membudidayakan kopi sebagai komoditas unggulan selain tanaman karet, lada, cengkih, serta komoditas pertanian dan perkebunan lainnya.

"Seiring  dengan berjalannya waktu, tentu para petani dituntut untuk bersaing mulai dari kwalitas dan peningkatan hasil produksi pertanian," kata dia.

Untuk itu, dengan diraihnya penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi para petani di Kabupaten OKU Selatan untuk terus berinovasi dan berkembang sehingga komoditas unggulan asal daerah itu semakin dikenal masyarakat luas.