Jelang pembukaan Fornas VI, Jakabaring Sport City Palembang dijaga ketat petugas keamanan

id Pembukaan Fornas VI Sumsel, Menpora, Menko PMK, peserta Fornas VI sumsel

Jelang pembukaan Fornas VI, Jakabaring Sport City Palembang dijaga ketat petugas keamanan

Petugas kepolisian menjaga pintu masuk venue Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan jelang pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI, Jumat (1/7/2022) malam. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Seluruh venue Jakabaring Sport City (JSC) Kota Palembang, Sumatera Selatan dijaga ketat oleh petugas keamanan daerah setempat menjelang pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Jumat malam.

Di lokasi tersebut terpantau petugas keamanan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Polisi Pamong Praja, Dinas Pehubungan telah bersiaga dilengkapi kendaraan pengamanan dan persenjataan lengkap.

Personel gabungan itu berjumlah lebih dari 700 orang mereka ditugaskan untuk menjaga keamanan sebanyak 12.200 peserta Fornas VI beserta segenap unsur kepanitiaan dan tamu undangan, yang berasal dari 34 provinsi itu, kata Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol. Supriadi di Palembang, Jumat.

Adapun diketahui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali diagendakan membuka Fornas VI Sumatera Selatan yang terpusat di venue Dayung JSC itu, pada Jumat malam pukul 20.00 WIB. 

Selain, Menteri Zainudin Amali pada pembukaan olahraga multievent tahunan tersebut diagendakan juga diikuti oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Hayono Isman beserta jajaran.

Baca juga: Fornas VI Sumsel tercatat dengan jumlah peserta terbanyak

Selanjutnya, Pejabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Steven Octavianus Estefanus Kandouw, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi beserta ketua PKK Maria Fransisca Djogo Nae Soi beserta tamu undangan 34 provinsi lainnya.

Ketua KORMI Sumatera Selatan Samantha Tivani mengatakan, pada pembukaan tersebut menampilkan ragam pertunjukan mulai dari tari kreasi kedaerahan, defile olahraga peserta Fornas VI dan hiburan beberapa artis ibu kota di antaranya penyanyi Mahalini.

Fornas VI Sumatera Selatan bakal berlangsung dari tanggal 1-7 Juli 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 12.200 dari 34 provinsi di Tanah. Para peserta mengikuti pertandingan sebanyak 55 induk organisasi olahraga (Inorga) dan 10 olahraga eksibisi.

Dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan di antaranya Indonesia e-Sport Association (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga eksibisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

Pertandingan tersebut digelar di berapa venue  diantaranya, Jakabaring Sport City, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya Palembang, Skatepark Jakabaring, Landasan Udara SMH, Tanjung Senai Ogan Ilir dan termasuk sejumlah mal di Palembang dan Banyuasin.

Baca juga: Sumsel terjunkan 800 atlet bertanding di Fornas VI, target juara umum

Baca juga: Polda Sumsel siagakan 700 personel amankan Fornas VI
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022