Sumsel terjunkan 800 atlet bertanding di Fornas VI, target juara umum

id fornas,fornas VI,olahraga,olahraga rekreasi,sumsel

Sumsel terjunkan 800 atlet bertanding di Fornas VI, target juara umum

Gubernur Sumsel Herman Deru mengukuhkan atlet yang akan bertanding di ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional VI di Palembang, Kamis (30/6/22). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan kekayaan Sumatera Selatan, ada kuliner, seni budaya dan destinasi wisatanya
Palembang (ANTARA) - Tuan rumah Sumatera Selatan menerjunkan 800 atlet untuk bertanding pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang, 1-7 Juli 2022, dengan target meraih gelar juara umum.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan ratusan atlet yang dipersiapkan untuk mewakili daerah diharapkan bukan hanya membawa misi olahraga tapi juga misi pariwisata, seni dan budaya.

"Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan kekayaan Sumatera Selatan, ada kuliner, seni budaya dan destinasi wisatanya," kata dia di Palembang, Kamis.

Selain dituntut sportif dalam bertanding, para atlet Fornas juga diharapkan menjadi duta daerah yang santun sehingga para pendatang ini mau kembali lagi ke Sumsel untuk berwisata.

Baca juga: Ribuan orang peserta Fornas VI mulai berdatangan di Palembang
Ajang Fornas ini menurutnya menjadi berkah tersendiri bagi Sumatera Selatan sebagai salah satu daerah di Tanah Air yang terdampak COVID-19 hampir tiga tahun.

Berkat adanya Fornas ini perekonomian masyarakat kembali bergeliat terutama sektor hotel, restoran, dan destinasi wisata serta UMKM.

Saat ini terdata sebanyak 34 provinsi ambil bagian pada kegiatan ini dengan total 1.200 orang atlet dan ofisial.

“Hotel-hotel kembali penuh, pempek Palembang banyak dipesan. Artinya Fornas ini menjadi upaya pemulihan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Sumsel siap sambut 10 ribu peserta Fornas VI
Sementara Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Sumsel Samantha Tivani mengatakan terdapat 55 induk olahraga rekreasi dan 10 olahraga ekshibisi yang akan dipertandingkan di Fornas VI 2022.

Ke-55 Induk olahraga tersebut, di antaranya Indonesia e-Sport Association (IESPA), Perstuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga ekshibisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.
Baca juga: Satpol PP intensifkan penertiban anak jalanan selama Fornas VI
Baca juga: 15 induk organisasi olahraga OKI jadi ujung tombak di FORNAS Sumsel