Fornas VI Sumsel tercatat dengan jumlah peserta terbanyak

id fornas VI Sumsel, Samuel Samson,Pengurus KORMI Papua James Telenggen,fornas,kormi pusat

Fornas VI Sumsel tercatat dengan jumlah peserta terbanyak

Wakil Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Samuel Samson menyerahkan plakat berupa maskot Fornas VI Sumsel "Chitala" kepada Ketua KORMI Sumsel Samantha Tivani petanda dimulainya even, disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru beserta jajaran forkopimda di Griya Agung Palembang, Kamis (30/6/20202) malam (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Prestasi bukan semata medali tapi semangat atas partisipasi yang menjadi ukuran olahraga rekreasi masyarakat ini
Sumatera Selatan (ANTARA) - Wakil Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Samuel Samson menyebutkan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Sumatera Selatan tercatat dengan jumlah peserta terbanyak selama even tersebut digelar sehingga dianggap sebagai sebuah prestasi.

Samuel Samson di Palembang, Kamis malam mengatakan setidaknya tercatat sebanyak 12.200 orang peserta dan ofisial dari 34 provinsi di Tanah Air yang akan berpartisipasi pada seluruh rangkaian kegiatan Fornas VI Sumsel yang di mulai pada 1-7 Juli 2022 dengan mempertandingkan 55 induk olahraga rekreasi dan 10 olahraga eksibisi. 

"Jadi jumlah peserta dan olahraga yang dipertandingkan tersebut lebih banyak dari even Fornas sebelumnya. Bahkan melampaui PON Papua 2021 sebanyak 4-6 ribu peserta," kata Samuel dalam acara makan malam penyambutan seluruh peserta dan ofisial Fornas VI Sumsel di Griya Agung, Palembang.

Banyaknya jumlah peserta itu patut dinilai sebagai sebuah prestasi yang membanggakan, karena menurutnya hal tersebut memberi pengaruh positif dalam upaya pelestarian olahraga rekreasi masyarakat nusantara termasuk meningkatkan perekonomian Sumsel selaku tuan rumah.

Baca juga: Sumsel terjunkan 800 atlet bertanding di Fornas VI, target juara umum
"Prestasi bukan semata medali tapi semangat atas partisipasi yang menjadi ukuran olahraga rekreasi masyarakat ini. Apalagi 67 persen dari jumlah peserta itu datang ke Sumsel menggunakan modal pribadi bukan APBD pemerintah. Mudah-mudahan selama tujuh hari ke depan pelaksanaan kegiatan lancar dan sukses," kata Samuel juga Duta Besar RI untuk Republik Serbia ini.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan selaku tuan rumah pemerintah provinsi sudah menyiapkan segala sesuatu sarana-prasarana penunjang ribuan peserta  dari 34 provinsi itu selama berada di Sumsel.

Masing-masing komponen penunjang tersebut meliputi kesiapan moda transportasi, perhotelan, kepariwisataan yang dilaksanakan secara berkolaborasi dengan semua instansi terkait pemerintah dan swasta.

Baca juga: Sumsel fasilitasi UMKM jualan di mal selama Fornas VI
"Anugerah besar bagi Sumsel menjadi tuan rumah Fornas VI, tentu jadi tanggung jawab kami semua. Selamat bertanding dan menikmati suasana seluruh yang telah dipersiapkan atas hasil gotong- royong kita semua," kata dia, didampingi Ketua KORMI Sumsel Samantha Tivani HD.

Sementara itu, Pengurus KORMI Papua James Telenggen yang hadir pada makan malam itu mengatakan mereka mengirimkan sebanyak 250 orang peserta pada Fornas VI.

Ratusan peserta tersebut siap tampil maksimal mengikuti 15 induk olahraga yang dipertandingkan di antaranya senam kreasi, sebab pada induk olahraga tersebut Papua menargetkan sebagai juara umum.

"Dari 15 induk olahraga, senam kreasi jadi unggulan baik fisik maupun atribut pakaian dan sejenisnya sudah kami siapkan, pasti ada kejutan dari Papua nantinya untuk Fornas VI Sumsel ini," tandasnya.
Baca juga: Polda Sumsel siagakan 700 personel amankan Fornas VI
Baca juga: Ribuan orang peserta Fornas VI mulai berdatangan di Palembang