Sumsel fasilitasi UMKM jualan di mal selama Fornas VI

id UMKM Palembang ,Sumsel, gubernur Sumsel, Fornas 2022, Palembang

Sumsel fasilitasi UMKM jualan di mal selama Fornas VI

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (kanan) meninjau pameran UMKM di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (27/6/2022). . ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berjualan produknya di pusat perbelanjaan modern atau mal di Kota Palembang selama berlangsungnya festival olahraga rekreasi nasional (Fornas) VI pada 1-7 Juli 2022.

Untuk memfasilitasi UMKM berjualan disediakan tujuh mal seperti Palembang Square (PS) Mal, Palembang Trade Center (PTC), dan OPI mal, kata Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan Ernila Rizar, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, dengan disediakannya tempat berjualan di mal tersebut, diharapkan pelaku UMKM yang memiliki produk sandang, pangan, dan kerajinan dapat memanfaatkannya secara maksimal memasarkan produknya.

Baca juga: Ribuan orang peserta Fornas VI mulai berdatangan di Palembang

"Sekarang ini sekitar 80 pelaku UMKM yang siap memasarkan produknya di mal, sedangkan yang lainnya disiapkan di sentra UMKM seperti kawasan 26 Ilir pusat makanan khas Palembang seperti pempek dan kerupuk/kemplang, serta kawasan Tangga Buntung sentra kerajinan songket," ujarnya.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan target Fornas VI yaitu sukses prestasi, sukses pelaksanaan, dan sukses pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Jangan sampai pelaku UMKM di daerah ini hanya menonton, karena itu kami berupaya memberi tempat gratis untuk mereka berjualan di mal," ujarnya.

Baca juga: Satpol PP intensifkan penertiban anak jalanan selama Fornas VI

Festival olahraga rekreasi nasional merupakan kegiatan berskala nasional untuk memperkenalkan olahraga rekreasi yang sudah jarang dilakukan masyarakat.

Melalui Fornas  juga bisa memperkenalkan budaya khas daerah berdasarkan cabang olahraga dan juga status tuan rumah pelaksana.

Berdasarkan data konfirmasi keikutsertaan peserta tercatat 34 provinsi dengan 12.000 peserta dan pendamping/tamu dipastikan datang meramaikan ajang olahraga nasional dua tahunan itu.

Pelaku UMKM di Sumsel didorong untuk memanfaatkan momentum tersebut dengan sebaik-baiknya mempromosikan produk-produk unggulan sehingga setelah fornas pembelinya akan kembali mencari produk tersebut, kata Gubernur Herman Deru.