Atasi banjir, Pemkot Palembamg targetkan bangun kolam retensi 77 unit

id Pemkot Palembamg, bangun kolam retensi, kolam retensi, target ideal 77 unit kolam retensi, tambah kolam rrtensi,wujudka

Atasi banjir, Pemkot Palembamg targetkan bangun kolam retensi 77 unit

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menargetkan membangun kolam retensi minimal 77 unit atau sesuai dengan jumlah ideal untuk mengatasi masalah banjir pada musim hujan.

"Sekarang ini baru bisa dibangun 46 kolam retensi dari idealnya 77 kolam, untuk mewujudkan pembangunan sesuai target tersebut  mengharapkan bantuan Pemprov Sumsel dan pemerintah pusat," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk membangun kolam retensi membutuhkan dukungan dana yang cukup besar bisa mencapai puluhan miliar rupiah.

Jika mengandalkan dana APBD Pemkot Palembang yang jumlahnya terbatas akan sulit diwujudkan pembangunan kolam retensi sesuai dengan target dalam waktu cepat.

"Kami terus berjuang meminta dukungan pemprov dan pemerintah pusat mempercepat pembangunan kolam retensi untuk mengatasi masalah banjir pada saat turun hujan lebat cukup lama atau pada setiap musim hujan," ujarnya.

Menurut dia, untuk mengatasi banjir dampak hujan, secara bertahap dilakukan penambahan beberapa kolam retensi di sejumlah kawasan permukiman penduduk dan tempat lainnya yang tergolong rawan banjir.

Kolam retensi yang berfungsi sebagai resapan dan pengendali luapan air hujan di daerah rawan terjadi genangan/banjir secara bertahap ditambah hingga jumlahnya mencapai angka ideal 77 unit kolam.

Kolam retensi yang ada sekarang ini tersebar di sejumlah kawasan permukiman, perkantoran, dan kawasan bisnis rawan banjir, kata Fitrianti.