Round up: Pemudik mulai padati beragam transportasi umum pada H-6

id pemudik,stasiun senen,terminal

Round up: Pemudik mulai padati  beragam transportasi umum pada H-6

Keluarga berpelukan sebelum menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/4/2022). PT KAI mencatat pada H-9 menjelang Idul Fitri 1443 H jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 11.500 penumpang atau meningkat 2.200 penumpang dibanding hari sebelumnya Jumat (22/4) yakni 9.300 penumpang. ANTARA FOTO/Fauzan/rwa. (ANTARA FOTO/FAUZAN/FAUZAN)

Jakarta (ANTARA) - Enam hari (H-6) menjelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, para pemudik mulai memadati berbagai moda transportasi umum di Jakarta baik stasiun, bandara, hingga terminal.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, menyampaikan pada Selasa (26/4), sebanyak 28.000 pemudik diberangkatkan dari Stasiun Senen dan Stasiun Gambir, sementara hari sebelumnya sebanyak 24.600 pemudik.

Ia menjelaskan data Stasiun Gambir hari ini terdapat 32 KA beroperasi, dari jumlah tersebut delapan diantaranya merupakan KA tambahan.

Ia menambahkan volume penumpang berangkat di Stasiun Gambir sebanyak 11.400 atau 74 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 15.500.

Sementara untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 28 KA beroperasi, dua KA diantaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 16.600 atau 81 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 20.500

Salah seorang penumpang KA di Stasiun Pasar Senen tujuan Lamongan, Jawa Timur, Chandra (32) mengaku sudah memesan tiket dua pekan sebelumnya agar dapat mudik di tahun ini. "Alhamdulillah dapat tiket, dua kali Lebaran saya nggak pulang kampung," kata Chandra yang mengaku sebagai wiraswasta itu.

Ia juga mengaku bahwa dirinya sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau penguat, sehingga tidak mengalami kendala dalam perjalanan mudiknya.

"Saya tidak tes PCR lagi mas, sudah dapat vaksin penguat," katanya.

Sesuai SE Kemenhub No 49 Tahun 2022, disebutkan bahwa pemudik yang sudah mendapatkan vaksin ketiga tidak perlu menunjukkan hasil negatif skrining COVID-19.

Sementara pemudik yang baru mendapatkan vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam. Sedangkan yang baru mendapatkan vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

Sementara bagi masyarakat yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

Bagi pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Sedangkan pelanggan berusia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Kondisi di bandara

Sementara itu, di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten pada hari ini diperkirakan ada 99.147 penumpang dengan total 749 penerbangan kedatangan dan keberangkatan, Selasa ini.

"Rencana penerbangan komersial di Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini mencapai 749 penerbangan dengan 99.147 penumpang," kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta yakni M. Holik Muwardi di Tangerang Selasa.

Ia mengatakan untuk 749 penerbangan pada hari ini terdiri dari 377 penerbangan keberangkatan dan 372 penerbangan kedatangan. Lalu untuk penumpang, ada 52.279 yang berangkat dan 46.868 orang yang tiba.

Dari tiga terminal yang ada, jumlah penerbangan paling banyak di terminal 2 yakni 176 keberangkatan dengan 22.026 orang dan 185 penerbangan tiba dengan 21.494 penumpang. Sehingga ada 361 penerbangan dengan 43.520 penumpang.

Untuk di terminal 1 ada 134 penerbangan dengan rincian 71 penerbangan keberangkatan dan 63 penerbangan yang tiba. Jumlah total penumpang ada 18.507 orang.

Sementara untuk di terminal 3 ada 254 penerbangan dengan 37.120 penumpang yang terdiri dari 130 penerbangan keberangkatan dan 124 penerbangan yang tiba.

Selain itu, Jumlah penumpang yang melakukan perjalanan mudik dari Terminal Poris Kota Tangerang Banten mulai terjadi peningkatan dengan total di atas 1.000 penumpang setiap harinya.

Kepala Terminal Poris Plawad, Alwien Athen di Tangerang, Selasa menyebutkan peningkatan penumpang sudah terjadi sejak 23 April 2022 dengan total 1.002 orang penumpang 221 bus.

Lalu di tanggal 24 April 2022, ada 1.341 penumpang dengan 238 bus. Lalu di tanggal 25 April 2022 ada 1.044 penumpang dengan keberangkatan 221 bus.

"Rata - rata penumpang setiap harinya sudah mencapai seribu orang lebih. Kini sudah terlihat peningkatan penumpang. Pada hari biasa, jumlah penumpang di Terminal Poris hanya sekitar 300 orang," katanya.

Dijelaskannya peningkatan penumpang akan kembali lagi terjadi pada tanggal 28-29 April 2022 mendatang. Diperkirakan akan ada tiga ribu penumpang dalam sehari.

"Kita sudah siapkan seluruh fasilitas pendukung demi kelancarana perjalanan mudik ini, termasuk memeriksa kelayakan kendaraan yang membawa penumpang," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Rajawali) Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian mengatakan arus mudik di jalur Kalimalang-Kota Bekasi belum mengalami kepadatan pada H-6 Idul Fitri 2022.

"Untuk sementara berdasarkan pantauan kita masih aman," ujar Ganda di Pos Polisi Mega Bekasi Hyper Mall, Bekasi, Selasa.

Ganda mengatakan kepadatan pemudik yang melintasi jalur Kalimalang-Bekasi biasanya terlihat pada malam hari. Kendati demikian, hingga Senin malam belum ada kenaikan pemudik secara signifikan seperti tiga tahun sebelumnya atau sebelum pandemi COVID-19.

Menurutnya, ada 36 titik pantauan CCTV yang selalu dimonitor. Apabila terlihat ada kepadatan, jajarannya akan melakukan berbagai skema penguraian seperti memberlakukan sistem satu arah (Oneway) di salah satu ruas jalan.

"Kalau malam, ada identifikasi pemudik. Itu terlihat dari barang-barang di atas itu, tapi belum banyak, termasuk roda dua sudah ada. Para pemudik selama ini pengalaman kita (berangkat) setelah buka puasa. Setelah buka nanti mereka jalan," kata dia.

Ia memprediksi kepadatan pemudik yang melintasi jalur Kalimalang-Bekasi mulai terjadi pada H-5 atau pada 27, 28, hingga 29 April. Menurutnya, Jalan Kalimalang menjadi titik rawan yang dilintasi oleh para pemudik karena termasuk akses jalur arteri menuju berbagai wilayah di Jawa Barat.

Ganda meminta kepada para pemudik untuk beristirahat apabila merasa lelah atau mengantuk. Seluruh pos polisi maupun pos pelayanan bisa digunakan untuk beristirahat melepas lelah.

"Kami juga memohon kepada pengendara motor, tolong ditaati rambu-rambu, jangan karena macet kemudian mengambil jalur kanan. Dengan mengambil jalur kanan akan melawan arah sehingga menutup arus sebaliknya, maka itu akan terjadi kemacetan kalau seperti itu," kata dia.

Konsultasi kesehatan-pijat relaksasi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan pelayanan konsultasi kesehatan hingga pijat relaksasi di tujuh posko yang tersebar di sepanjang jalur padat pemudik Lebaran 2022.

Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun 2022 ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi COVID-19," kata Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan keberadaan posko kesehatan guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

Lokasi posko tersebut masing-masing berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM57, Rest Area Tol Ungaran KM429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Rest Area Banjaratma KM260B Brebes, dan Rest Area Cipali KM164B Majalengka.

Ia menjelaskan Posko Mudik BPJS Kesehatan digelar mulai 26 April hingga 1 Mei 2022, serta tersedia selama arus balik mulai 4 hingga 8 Mei 2022.

Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, kami menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik BPJS Kesehatan, tentu dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan," katanya saat mengunjungi Posko Mudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur.

Ia mengatakan seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan bisa dinikmati secara gratis. "Sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya," katanya.

Ia menambahkan BPJS Kesehatan juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini, katanya.

Posko mudik BPJS Kesehatan, kata Edwin Aristiawan , akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Turut meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Ia mengapresiasi BPJS Kesehatan atas kepedulian menyelenggarakan Posko Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo sehingga masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman.

Setelah dua tahun pandemi dan masyarakat tidak melaksanakan mudik, dapat dipastikan tahun ini antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mudik," katanya.

Ia mengatakan tujuan utama mudik adalah berkumpul dengan keluarga, sehingga perlu memperhatikan kesehatan dan keselamatan sampai tempat tujuan.

"Posko mudik ini sangat membantu masyarakat dengan berbagai fasilitas yang disediakan, pemudik yang memerlukan pemeriksaan, mencari informasi atau sekadar relaksasi bisa mengunjungi posko mudik ini, demikian Ahmad Muhdlor Ali .