Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel tinjau kesiapsiagaan Kantor Imigrasi Muara Enim di hari libur

id kemenkumham

Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel tinjau kesiapsiagaan Kantor Imigrasi Muara Enim di hari libur

Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel yang dipimpin oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Syafrizal meninjau Kantor Imigrasi Muara Enim, Minggu (17/4). (ANTARA/HO-Kemenkumham)

Palembang (ANTARA) - Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel yang dipimpin oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Syafrizal meninjau Kantor Imigrasi Muara Enim, Minggu (17/4).

Peninjauan ini untuk menindaklanjuti instruksi Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban di waktu libur.

Syafrizal mengatakan kegiatan yang dilakukan di hari libur ini merupakan wujud komitmen Kakanwil Kemenkumham Sumsel dan jajarannya dalam menjaga situasi dan kondisi menjadi kondusif dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel mengawali pengecekan Kanim Muara Enim pada Sabtu (16/4) malam, guna memonitoring petugas yang berjaga waktu malam, serta memastikan keamanan dan sarana prasarana terjaga dengan baik.

“Pada malam hari situasi terpantau kondusif, petugas jaga juga standby dan rutin melakukan kontrol,” kata Syafrizal.

Selanjutnya, pada hari Minggu (17/4), Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel kembali meninjau sarana dan prasarana, fasilitas layanan publik, termasuk sarana air, rumah detensi, garasi kendaraan hingga pos pengamanan pintu masuk.

“Di sini telah tersedia alat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yakni APAR, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau fire extinguisher, kabel yang merupakan aliran listrik juga tersusun rapi,” kata dia.

Selain itu, Syafrizal dan tim mengecek lingkungan sekitar kantor, instalasi listrik, genset, panel listrik utama tidak luput dari perhatiannya. Ia menuju rumah genset dan panel listrik utama kantor.

"Petugas piket mohon lakukan kontrol keamanan listrik kantor, jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Cek terus per jam. Listrik kalau tidak diperlukan harus dimatikan, terang Syafrizal.

Menurut Kabid Inteldak itu, kegiatan pengawasan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini Kanim Muara Enim.

“Kami ingin memastikan situasi keamanan baik personil maupun sarpras yang ada di sini. Saya berpesan jangan ada diskriminasi dalam memberikan pelayanan. Kita harus sesuai SOP,” pesan Syafrizal.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto berharap dengan adanya monitoring ini dapat meningkatkan kewaspadaan UPT  terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta hal-hal lain yang tidak diharapkan.