Realisasi vaksinasi COVID-19 anak di Sumsel 83 persen

id vaksinasi COVID-19, vaksinator, vaksinasi anak, realisasi vaksinasi di Sumsel, pelayanan vaksinasi, dinkes sumsel percep

Realisasi vaksinasi COVID-19 anak  di Sumsel 83 persen

Pelayanan vaksinasi anak di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Realisasi pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 -11 tahun di Sumatera Selatan hingga April 2022 ini telah mencapai sekitar 83 persen dari target 899.662 jiwa.

Untuk mempercepat capaian vaksinasi anak sesuai target tersebut, kegiatan pelayanan vaksinasi secara massal di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas serta di sekolah-sekolah yang tersebar di 17 kabupaten/kota dalam provinsi setempat akan lebih digencarkan lagi, kata Kadinkes Sumsel Lesty Nuraini, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk mempercepat pelayanan vaksinasi anak, dilakukan kegiatan vaksinasi massal oleh tim vaksinator jajaran Dinas Kesehatan serta didukung TNI/Polri.

"Dukungan dari instansi terkait dalam mempercepat capaian vaksinasi anak ini sangat diharapkan, untuk itu terus dilakukan pendekatan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar kekebalan komunal atau herd immunity di Sumsel ini bisa maksimal," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelayanan vaksinasi COVID-19 di provinsi ini dengan sasaran 6,3 juta jiwa secara umum berjalan dengan baik sesuai target yang ditetapkan.

Selain pelayanan vaksinasi anak, pihaknya juga berupaya menggencarkan vaksinasi COVID-19 untuk remaja.

Realisasi vaksinasi remaja sekarang ini sekitar 805.011 orang atau 95,08 persen dari target 846.683 jiwa.

Untuk menyukseskan vaksinasi anak dan remaja di wilayah provinsi ini, pihaknya mendorong daerah yang capaian masih rendah untuk melakukan kegiatan percepatan bekerja sama dengan TNI/Polri termasuk BIN Daerah Sumsel yang memiliki kuota vaksin hingga 300 ribu dosis per bulan, ujar Kadinkes.

Sementara sebelumnya Kepala BIN Daerah Sumsel Brigjen TNI Armansyah mengatakan pihaknya menyiapkan 10 ribu dosis vaksin per hari atau 300 ribu dosis/bulan untuk mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat provinsi setempat baik dosis pertama, kedua, dan dosis ketiga atau penguat (booster).

Vaksinasi tersebut disiapkan untuk mendukung kegiatan vaksinasi massal bekerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Melalui upaya tersebut diharapkan pelayanan vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumsel bisa sesuai dengan target 6,3 juta jiwa, ujarnya.