Kilang Pertamina Plaju pasang panel surya di rumah sakit

id panel surya,pt kpi,pertamina,kilang pertamina,pertamina plaju,energi,energi baru terbarukan,ebt,go green

Kilang Pertamina Plaju pasang panel surya di rumah sakit

Panel surya di halaman RS Pertamina Plaju Palembang. (ANTARA/HO-Pertamina)

Pemasangan solar cell ini juga telah dilakukan PT KPI RU III Plaju di kediaman warga, tepatnya di Lorong Mari, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang
Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju memasang panen surya berkapasitas 250.000 WP di Rumah Sakit Pertamina Plaju sebagai wujud dukungan pada penggunaan energi baru terbarukan.

Area Manager Comm Rel & CSR PT KPI RU III Siti Rachmi Indahsari di Palembang, Kamis, mengatakan penggunaan energi baru terbarukan yang memanfaatkan sinar matahari ini akan berkontribusi dalam mengurangi emisi CO2 dan efek rumah kaca.

Untuk optimal dalam penyerapan energi matahari, panel surya ini menggunakan Solar Tracking System dan On-Grid yang mampu meningkatkan kinerja serta efisiensi solar cell sekitar 10 perse - 30 persen.

Pemasangan solar cell ini juga telah dilakukan PT KPI RU III Plaju di kediaman warga, tepatnya di Lorong Mari, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Di lokasi tersebut sudah terpasang 10 solar cell dengan masing-masingnya berkapasitas 250 watt. Jika ditotal, kapasitas solar cell di Lorong Mari mencapai 2.500 watt.

Pembangunan panel surya ini sebagai wujud dukungan PT KPI RU III Plaju terhadap tujuan ketujuh dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yakni menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan dan modern untuk semua.

Lebih lanjut, tujuan SDGs yang dicapai yakni target 7.a, yakni pada tahun 2030, memperkuat kerja sama internasional untuk memfasilitasi akses pada teknologi dan riset energi bersih, termasuk energi terbarukan, efisiensi energi, canggih, teknologi bahan bakar fosil lebih bersih, dan mempromosikan investasi di bidang infrastruktur energi dan teknologi energi bersih.

PT KPI RU III Plaju sebenarnya sudah mulai menggunakan solar cell sejak 2017 silam. Panel surya On-Grid dengan kapasitas 9000 WP (Watt-Peak) mulai beroperasi di Gedung Perkantoran PT KPI RU III Plaju.

Panel surya ini merupakan bagian dari pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan, serta sebagai bentuk dukungan PT KPI RU III Plaju terhadap penggunaan green energi atau energi bersih dan ramah lingkungan di Pertamina.